Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Sulut Siapkan Mudik Gratis Laut untuk 1.000 Orang

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyiapkan program mudik gratis melalui jalur laut untuk 1.000 orang masyarakat dari Manado menuju sejumlah kepulauan yang ada di Bumi Nyiur Melambai.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 12 Desember 2019  |  14:18 WIB
Pelabuhan Tahuna, Sulut. - Antara/Guido Merung
Pelabuhan Tahuna, Sulut. - Antara/Guido Merung

Bisnis.com, MANADO — Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyiapkan program mudik gratis melalui jalur laut untuk 1.000 orang masyarakat dari Manado menuju sejumlah kepulauan yang ada di Bumi Nyiur Melambai.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Lynda Watania mengungkapkan mudik gratis laut tersebut merupakan gagasan dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Menurutnya, program itu bertujuan meringankan masyarakat yang ingin melakukan mudik ke daerah namun memiliki keterbatasan dana.

“Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi [Pemprov] bekerja sama dengan para pemangku kepentingan seperi BUMN dan bank pembangunan daerah. Kami berkumpul untuk menyiapkan program mudik gratis laut,” jelasnya di Kota Manado, Kamis (12/12/2019).

Lynda mengungkapkan jumlah armada yang disiapkan sekitar 3 unit. Adapun, jumlah penumpang atau pemudik ditargetkan mencapai 1.000 orang.

“Pendaftaran ada di Dinas Perhubungan Provinsi Sulut dengan membawa KTP,” ujarnya.

Mudik gratis laut nantinya akan melayani pemudik dari Pelabuhan Manado, Kota Manado menuju ke Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, dan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud. Rencananya, peserta program itu akan diberangkatkan pada 21 Desember 2019.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Provinsi Sulut, terdapat 29 pelabuhan laut dengan total armada 27 unit yang siap digunakan untuk Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Sementara itu, jumlah pelabuhan penyebrangan tercatat 12 buah dengan total armada 8 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulut Info Mudik
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top