Bupati Lutra Nominator Anugerah Iptek, Satu-satunya di Sulsel

Bupati Luwu Utara, Indah Put3ri Indriani (IDP), menjadi satu-satunya Bupati di Sulawesi Selatan, yang masuk nominasi Anugerah Iptek dan Inovasi Budhipraja.

Bisnis.com, Jakarta --- Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), menjadi satu-satunya Bupati di Sulawesi Selatan, yang masuk nominasi Anugerah Iptek dan Inovasi Budhipraja.

Capain tersebut rupanya mendapat apresiasi dan ucapan selamat dari Direktur Sistem Inovasi Direktorat Jenderal (Ditjen) Penguatan Inovasi Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, DR. Ir. Ophirtus Sumule, DEA, usai Bupati perempuan pertama di Sulsel ini melakukan presentasi tentang strategi Bupati dalam penguatan ekosistem inovasi di Luwu Utara, Selasa (30/7/2019), di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Tehnologi (BPPT), Jakarta.

“Selamat kepada Bupati Luwu Utara karena ini yang pertama kalinya daerah di Tana Luwu masuk nominasi Anugerah Iptek dan Inovasi Budhipraja,” kata Ophirtus Sumule di hadapan IDP. Ia mengaku mendengar, bahkan mengenal sosok IDP melalui media, dan segala potensi yang dimiliki Luwu Utara seperti sagu, rumput laut, dan lain sebagainya.

“Kita ingin mendengar dan melihat apa saja yang beliau didesain, sehingga menghasilkan sebuah produksi yang mampu memenuhi kebutuhan regional dan nasional,” terang Ophirtus.

IDP sendiri memaparkan strategi Pemda Luwu Utara dalam rangka penguatan ekosistem inovasi.

“Jadi ada ekosistem ada produksi. Produksi bisa dihasilkan, tetapi kalau tidak dibuatkan ekosistem, maka tidak akan menghasilkan,” tutur IDP.

“Ekosistem inovasi ini sebagai pilar penting dalam meningkatkan daya saing di daerah,” katanya menambahkan.

Nominator Anugrah Iptek dan Inovasi Budhipraja ini terdiri atas 4 aspek, yaitu penguatan ekosistem inovasi, sumber daya manusia, pasar dan prestasi yang diperoleh daerah. Pemberian penghargaan akan dilaksanakan pada 28 Agustus 2019 di Denpasar Bali.

Berikut daftar Nominator Budhipraja Tingkat Kabupaten: Bupati Lutra, Bupati Badung, Bupati Bogor, Bupati Konawe Selatan, Bupati Kulon Progo, Bupati Toli Toli, dan Bupati Wonogiri.

Nominator Budhipraja Tingkat Kota: Wali Kota Bukit Tinggi, Wali Kota Cimahi, Wali Kota Salatiga, Wali Kota Surakarta, Wali Kota Pontianak, Wali Kota Tarakan serta Wali Kota Tegal.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia juga memberikan penghargaan Anugerah Iptek Kategori Budhipura untuk Gubernur di Indonesia. Nominatornya adalah Gubernur Sulsel, Bali, DIY, Jabar, Jateng, Jatim, Sumsel, dan Riau. (LH/HMS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler