Pemkab Bone Bolango Kerja Sama Dengan Pegadaian

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango bekerja sama dengan PT. Pegadaian (Persero) untuk mengoptimalkan penyaluran pembiayaan ultra mikro (UMi).
Suasana layanan di kantor pusat Pegadaian/Bisnis-Triawanda Tirta Aditya
Suasana layanan di kantor pusat Pegadaian/Bisnis-Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, MANADO – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango bekerja sama dengan PT. Pegadaian (Persero) untuk mengoptimalkan penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

Sekretaris Daerah Gorontalo Darda Daraba menyambut positif kerja sama tersebut. Dia mengatakan bahwa, Bone Bolango merupakan daerah pertama di Indonesia yang melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama dalam rangka pembiayaan UMi.

“Hal ini merupakan awal yang luar biasa untuk pertumbuhan ekonomi di Gorontalo,” katanya dikutip dari siaran pers, Kamis (25/7/2019).

Menurutnya, peran serta Koprerasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan pilar strategis dalam perekonomian. Adanya pembiayaan akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menumbuhkan lapangan kerja.

Dia menuturkan, pembiayaan kepada UMKM memang bukan barang baru. Pembiayaan serupa dari perbankan juga sudah ada sebelumnya. Namun pedagang kecil tetap sulit mendapatkan pembiayaan atau modal guna mengembangkan usaha.

“Saya berharap, setelah dilaksanakan penandatangan kerjasama ini bisa membuka akses kepada seluruh masyarakat, apalagi fasilitas program pembiayaan UMi yang mudah dan murah sehingga masyarakat bisa terbantu dan bisa menambah jumlah wirausaha baru,” katanya.

Pembiayaan UMi adalah pembiayaan bagi bagi pelaku UKM dengan plafon maksimal Rp10 juta dari Pengadaian. Pembiayaan dalam bentuk kredit lunak ini merupakan alternatif untuk para pelaku UMKM yang tidak mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR).

Hingga saat ini, pembiayaan UMi di Gorontalo telah menjangkau 273 debitur dengan total penyaluran lebih dari Rp1,89 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper