Memoles Wajah Gowa Lewat Beautiful Malino

Memasuki tahun ketiga, Beautiful Malino kembali digelar untuk menarik kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara ke Kabupaten Gowa.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 10 Juli 2019  |  19:40 WIB
Memoles Wajah Gowa Lewat Beautiful Malino
Wisatawan domestik menikmati permainan river tubing di Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Minggu (6/1). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR – Memasuki tahun ketiga, Beautiful Malino kembali digelar untuk menarik kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara ke Kabupaten Gowa.

Event wisata yang akan digelar pada 12-14 Juli itu, mulai dirancang untuk menjadi brand dan memberi wajah baru bagi daerah berjuluk Gowa Bersejarah itu.

Pengunjung akan disuguhkan beragam item kegiatan selama event yang berlokasi di kawasan Hutan Pinus Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Gowa. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini Beautiful Malino 2019 akan mengajak pengunjung lebih mengenal Gowa melalui pameran pembangunan. Dengan mengusung tema bertajuk "Romantic" pengunjung juga bakal disuhuhi beragam item kegiatan.

Plt Kabag Humas dan Kerjasama Pemkab Gowa Abdullah Sirajuddin mengaku optimistis pengunjung Beutiful Malino 2019 meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu terlihat dari tren peningkatan pengunjung sejak tahu. digelarnya Beautiful Malino.

"Pada pelaksanaan tahun pertama kita berhasil menggaet pengunjung 30 ribu orang, di tahun kedua itu 60 ribu orang. Makanya di tahun ini kami berani menargetkan jumlah pengunjung dapat tembus 100 ribu pengunjung," ungkapnya.

Event ini juga diyakini mampu memberdayakan para pelaku usaha kecil di sekitar kawasan wisata itu. Misalnya saja bagi pengelola homestay ataupun UMKM kuliner. Tahun lalu, perputaran transaksi yang berhasil dicatatakan pihak penyelenggara yakni sebesar Rp24 miliar.

Sirajuddin menyebut, pemerintah juga tengah mendorong event wisata ini menjadi event kalender wisata nasional oleh Kementerian Pariwisata. Sejumlah syarat sudah dipenuhi, baik dari sisi konsistensi event digelar selama tiga tahun berturut-turut, infrastruktur, dan beberapa aspek lainnya.

"Intinya Beautiful Malino ini akan kami jadikan brand untuk Gowa. Apalagi selama event ini digelar, kunjungan wisatawan ke Gowa juga meningkat signifikan. Sesuai rencana event ini akan dibuka oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya," jelas Sirajuddin.

Wisatawan domestik menikmati sepeda gantung di Lembah Hijau, Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Minggu (6/1)./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Event Organizer Beautiful Malino 2019, Muhammad Ikhlas mengatakan, kegiatan itu di antaranya Lari Lintas Alam, Malino International Mountain Bike, Summer Camp, Adventure, Pameran Pembangunan hingga Parade Bunga dengan mengambil tema “Flora dan Fauna”.

"Beautiful Malino 2019 akan dikemas dengan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu kami wujudkan dengan melihat antusiasme masyarakat yang mengikuti event wisata ini," kata Iko sapaan akrabnya.

Beragam kegiatan dan lomba menarik telah disiapkan untuk memanjakan pengunjung. Salah satunya lomba foto dan vlog. Dalam lomba ini kami telah menyiapkan hadiah menarik.

Perlombaan vlog dan foto ini memang disiapkan khusus kepada pengunjung yang senang berselfie dan youtubers. Sementara bagi para bikers pihak penyelenggara menggelar Malino International Mountain Bike.

Kegiatan tersebut pun sangat mendapat sambutan meriah, hal ini dilihat dari jumlah pendaftar yang cukup membludak dari tahun sebelumnya. Khusus diperlombaan ini pemenang atau juara umum akan diikutsertakan pada event yang sama di tingkat Asia.

"Jumlah pendaftar dilomba ini kita targetkan 150 tapi pendaftarnya hingga saat ini sudah mencapai 300 orang. Begitupun summer camp baru empat jam kita buka sudah ditutup karena pendaftarnya membludak," jelas Iko.

Untuk kegiatan lainnya yaitu parade bunga yang akan diikuti seluruh SKPD, camat, dan organisasi pemerintahan lingkup Pemkab Gowa. Ia menjelaskan, konsep parade bunga yang digelar yaitu menghias mobil memakai bahan utama bunga asli dan akan berkeliling di sekitar Kota Malino. Disini telah ditegaskan bahwa tidak boleh memakai bunga hiasan," katanya.

Tak ketinggalan kemeriahan Beautiful Malino 2019 juga akan ditampilkan lewat music and art fest yang menghadirkan penyanyi dan band papan atas Indonesia yakni Gigi dan Andmesh Kamaleng. Selain itu juga sejumlah band indie lokal seperti Natinson, Jad n Sugy, Kapal Udara, dan Senjanada. (k36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pariwisata, sulawesi selatan

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top