Pemkab Boalemo Kembangkan Pariwisata Berbasis Ekonomi Kerakyatan

Pemerintah Kabupaten Boalemo mengembangkan destinasi wisata Pantai Kota Ratu melalui konsep berbasis ekonomi kerakyatan.
Ilman A. Sudarwan | 14 Juni 2019 01:39 WIB
Sejumlah wisatawan berenang bersama seekor Hiu Paus di perairan Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Minggu (21/4/2019). Pengamat mencatat bahwa puncak musim kedatangan kelompok Hiu Paus ke perairan tersebut yaitu pada bulan Mei dan Juni. ANTARA FOTO/Dian Bawenti/Aws -

Bisnis.com, MANADO—Pemerintah Kabupaten Boalemo mengembangkan destinasi wisata Pantai Kota Ratu melalui konsep berbasis ekonomi kerakyatan.

Bupati Boalemo Darwis Moridu mengatakan bahwa dalam pengembangan pariwisata di daerah tersebut, pengelolaan tempat wisata seluruhnya diserahkan kepada Badan Usaha Desa.

Dia menjelaskan, warga desa diberi kesempatan membuka berbagai usaha yang mendukung aktivitas wisatawan, seperti usaha kuliner, suvenir, dan transportasi. Menurutnya, langkah itu dilakukan agar warga sekitar Pantai Kota Ratu dapat merasakan dampak pengembangan secara langsung.

“Dengan demikian warga akan merasa memiliki destinasi wisata ini, sehingga bisa menjaga kebersihannya, keamanan, dan kenyamanan setiap wisatawan yang berkunjung,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (13/6/2019).

Destinasi wisata Pantai Kota Ratu dibuka sejak Februari, menyajikan wisata pantai yang berpasir putih halus dan keindahan pemandangan bukit. Berbagai sarana penunjang wisata lainnya juga terus dibenahi dan dibangun oleh pemerintah desa setempat.

Di bibir pantai saat ini sudah berdiri cottage atau pondok-pondok kecil yang dihubungkan dengan jembatan kayu yang menjadi tempat foto bagi pengunjung. “Pantai Kota Ratu ini adalah sekeping surga yang jatuh di Boalemo,” kata Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim.

Dia mengatakan, Pemprov Gorontalo akan membantu pengembangan destinasi Pantai Kota Ratu. Menurutnya pengembangan destinasi wisata sejalan dengan salah satu program unggulan Pemprov Gorontalo, yakni pariwisata yang mendunia.

Idris mengharapkan keberadaan Pantai Kota Ratu yang menurutnya lebih indah dari pantai-pantai yang ada di Bali, akan menarik wisatawan mancanegara dan nusantara untuk berkunjung ke Provinsi Gorontalo.

“Saya minta Pemkab Boalemo duduk bersama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo untuk pengembangan Pantai Kota Ratu yang lebih paripurna. Destinasi wisata ini tidak hanya milik Kabupaten Boalemo tetapi juga milik Provinsi Gorontalo, sehingga itu menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengembangkannya,” pungkas Wagub Idris Rahim.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pariwisata, gorontalo

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup