Pemudik Gratis Jasa Raharja Sulsel Meningkat 73 Persen

PT Jasa Raharja Sulawesi Selatan mencatat jumlah peserta mudik gratis di 2019 ini mengalami peningkatan hingga 73,67 persen
Andini Ristyaningrum | 31 Mei 2019 13:35 WIB
Situs pendaftaran Mudik Bareng BUMN 2019

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Jasa Raharja Sulawesi Selatan mencatat jumlah peserta mudik gratis di 2019 ini mengalami peningkatan hingga 73,67 persen.

Hal itu menunjukkan semakin meningkatnya animo masyarakat dalam mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan BUMN penyedia program asuransi ini. 

Tahun ini, Jasa Raharja Sulsel memberangkatkan 1.841 pemudik melalui dua moda transportasi yakni darat dan laut. Sementara pada 2018, jumlah pemudik gratis Jasa Raharja sebanyak 1.060 orang.

Direktur Keuangan Jasa Raharja, Myland menyebut, tahun ini merupakan tahun kedua Jasa Raharja Sulsel menyelenggarakan program mudik gratis. 

"Secara nasional, Jasa Raharja telah menyelenggarakan mudik bareng sebanyak 12 kali. Khusus di Cabang Sulsel pelaksanaan mudik bareng tahun ini merupakan tahun kedua diselenggarakan," ungkap Myland, Jumat (31/5/2019).

Untuk pemberangkatan bus, Jasa Raharja menyediakan rute Makassar-Palopo, Makassar-Toraja, Makassar-Luwi Timur masing-masing untuk wilayah Mangkutana dan Malili. Sementara untuk jalur laut dengan rute Makassar-Baubau dan Makassar-Surabaya.

Demi kelancaraan mudik, khususnya dengan menggunakan bus, Jasa Raharja bekerja sama dengan instansi terkait melakukan beberapa tindakan pencegahan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja, pengecekan kelayakan kendaraan atau ramp check, pemeriksaan kesehatan bagi kru bus, dan pemeriksaan kesehataan bagi pemudik.

Seluruh pemudik gratis dibekali atribut berupa T-shirt, topi, dan konsumsi selama perjalanan. Tak ketinggalan Jasa Raharja juga memberikan jaiman asuransi bagi para pemudik. Pelaksanaan mudik gratis tahun ini dilakukan di 9 kota keberangkatan yaitu Jakarta, Bandung, Lampung, Surabaya, Semarang, Solo, Sampit, Batam, dan Makassar.

Secara nasional tahun ini Jasa Raharja memberangkatkan 40.180 pemudik atau naik sebesar 5,63 % dibandingkan jumlah pemudik pada 2018 lalu sebesar 38.040 pemudik. Pemudik diberangkatkan dengan tiga moda transportasi, di antaranya bus, kereta api, dan kapal laut. 

"Ini merupakan sinergitas yang dilakukan BUMN bersama pemerintah. Kami berharap semoga program ini bisa berjalan lancar dan pemudik bisa sampai ke daerah tujuan dengan selamat," jelas Myland. 

Dalam mendukung kelancaran arus mudik, Jasa Raharja juga membuka posko kesehatan terpadu yang menyediakan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat. Posko kesehatan di tempatkan di lokasi-lokasi strategis seperti stasiun kereta, terminal bus, bandara, pelabuhan, dan rest area.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bumn, jasa raharja, mudik gratis

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup