Tol Manado—Bitung Dibuka Fungsional Mulai Besok, Gratis

Para pengguna jalan tol tidak akan dikenakan biaya untuk menggunakan jalan tol pertama di Bumi Nyiur Melambai tersebut.
Tol Manado—Bitung Dibuka Fungsional Mulai Besok, Gratis Ilman A. Sudarwan | 28 Mei 2019 21:23 WIB
Tol Manado—Bitung Dibuka Fungsional Mulai Besok, Gratis
Sejumlah pekerja beraktivitas di proyek pengerasan lereng jalur Trans Sulawesi poros Palu-Toboli di Kawasan Pegunungan Kebun Kopi, Sulawesi Tengah, Selasa (14/5/2019). Jalur penghubung Kota Palu dengan sejumlah Kabupaten serta Provinsi Gorontalo dan Manado itu merupakan salah satu jalur yang akan dilalui pemudik Lebaran 2019. - Antara/Mohamad Hamzah.

Bisnis.com, MANADO—Tol Manado—Bitung akan dibuka secara fungsional untuk memfasilitasi kegiatan mudik dan liburan masyarakat, mulai Rabu (29/5/2019).

Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) George Manurung mengatakan, operasional terbatas tersebut diharapkan dapat mendukung mudik masyarakat dalam merayakan Idulfitri 1440 Hijriah.

“Tol Manado Bitung akan kembali dibuka secara fungsional sepanjang 17 km, dari Simpang SBY menuju Simpang Susun Airmadidi sampai pintu keluar Jl. Tanjung Merah,” katanya kepada Bisnis, Selasa (28/5/2019) malam.

Dia mengatakan, perjalanan ke arah Bitung, operasional jalan tol akan dimulai pada Rabu 29 Mei—6  Juni. Akses masuk dibuka melalui dari pintu tol Airmadidi dan keluar melalui Jl. Tanjung Merang. Akses dibuka pada pukul 13.00 WITA untuk hari pertama, selanjutnya beroperasi dari 08.00—17.00 WITA setiap harinya.

“Besok jam 10 siang kami akan mengadakan pertemuan lagi untuk melihat kesiapan fungsional lokasi di ujung Jl. SBY. Rencana fungsional dimulai besok jam 13.00 WITA,” ujarnya.

Adapun, pernjalanan ke arah Manado akan dilaksanakan pada 7—11 Juni pada jam operasional yang sama, dari 08.00—17.00 WITA setiap harinya. Kendaraan akan masuk melalui Jl. Tanjung Merah sampai dengan keluar akses tol Airmadidi.

Dia menerangkan, jalan tol akan dibuka secara fungsional untuk kendaraan kecil, bukan untuk truk dan bus. Para pengguna jalan tol tidak akan dikenakan biaya untuk menggunakan jalan tol pertama di Bumi Nyiur Melambai tersebut.

George mengharapkan, fungsional jalan tol Manado—Bitung kali ini dapat menjadi ajang sosialisasi bagi masyarakat. Dia juga mengharapkan, aktivitas lalu lintas pada fungsional kali ini akan lebih tinggi dibandingkan pada Natal 2018.

“Waktu fungsional Natal 2018 [LHR/Lalu Lintas Harian Rata-rata] masih kecil, rata-rata 1.100 kendaraan perhari, semoga lebaran ini meningkat, sekalian fungsional ini untuk sosialisasi keberadaan jalan tol Manado—Bitung kepada masyarakat Sulut,” ujarnya.

Senada, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen mengharapkan masyarakat dapat menggunakan infrastruktur tersebut. Tidak hanya untuk arus mudik, menurutnya, fungsional jalan tol ini juga dapat memfasilitasi kegiatan liburan Hari Raya Idulfitri kali ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jasa marga, sulut, tol manado-bitung

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top