Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

10 hari terakhir Ramadhan masyarakat sudah mulai sibuk mempersiapkan bekal untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman atau mudik Lebaran.
Sejumlah penumpang bersiap masuk ke dalam KM Jelatik Ekspres yang hendak berangkat di Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru, Riau, Kamis (233/5/2019)./ANTARA-Rony Muharrman
Sejumlah penumpang bersiap masuk ke dalam KM Jelatik Ekspres yang hendak berangkat di Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru, Riau, Kamis (233/5/2019)./ANTARA-Rony Muharrman

Bisnis.com, MAMUJU – Kapolda Sulawesi Barat Brigjen Pol Baharuddin Djafar memberikan pesan keamanan kepada masyarakat saat yang akan melakukan Mudik Lebaran 1440 hijriah.

"Bulan Ramadhan adalah bulan berkah dan juga merupakan momen yang sering digunakan untuk bersilaturahmi dengan keluarga jauh," kata Kapolda di Mamuju, Sabtu (25/5/2019).

Ia mengatakan, 10 hari terakhir Ramadhan masyarakat sudah mulai sibuk mempersiapkan bekal untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman atau mudik Lebaran.

"Untuk itu, sebelum meninggalkan rumah saat Mudik Lebaran ada beberapa poin yang harus di perhatikan agar perjalanan jauh kita tidak menjadi beban pikiran karena memikirkan keamanan rumah yang ditinggal," katanya.

Ia menyampaikan, 10 poin yang harus diperhatikan sebelum meninggalkan yaitu, pertama sebelum meninggalkan rumah jangan lupa mencabut selang gas serta kompor, mematikan PAM dan semua aliran listrik yang tidak digunakan serta hal-hal lainnya yang sekiranya dapat menimbulkan bahaya.

Kemudian pastikan pintu dan jendela rumah anda terkunci dan jika perlu, pasang alarm atau kamera tersembunyi (CCTV) di area-area tertentu untuk mencegah pencuri masuk ke rumah.

"Meski rumah bisa diterobos pencuri bantuan rekaman CCTV yang terpasang, akan sangat membantu Kepolisian untuk cepat mengungkap tindak kejahatan yang menimpa anda," katanya.

Ia menyampaikan, agar tidak menarik perhatian pencuri, gunakanlah lampu LED yang menyala otomatis saat malam hari dengan memakai sensor cahaya, Anda tidak perlu repot menyalakan atau mematikan lampu, karena lampu akan menyala sendiri menjelang magrib.

"Jangan meletakan barang-barang berharga seperti uang dan perhiasan di lemari rumah Anda, sebaiknya uang dan perhiasan disimpan di bank atau rumah pegadaian agar lebih aman," katanya.

Laporlah kepada ketua RT / RW setempat tentang kepergian anda, Berikan pula nomor handphone (HP) yang bisa dihubungi. Apabila terjadi hal-hal darurat sehingga Anda akan mudah dihubungi.

Titiplah rumah Anda kepada tetangga terdekat yang tidak mudik, karena hanya Anda dan tetangga yang sangat mengetahui keamanan lingkungan sekitar.

Kemudian, informasikan kepada petugas keamanan di lingkungan sekitar mengenai rencana mudik Anda. Mintalah bantuannya agar berkeliling mengontrol rumah Anda.

"Mintalah bantuan seseorang untuk memeriksa rumah Anda beberapa hari sekali, Sekaligus minta bantuannya untuk membersihkan rumah. Sebab pencuri tahu betul rumah yang tidak terawat biasanya tidak berpenghuni," katanya.

Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, titiplah ke tempat penitipan hewan agar hewan kesayangan Anda tidak terlantar atau anda bisa juga menitipkannya kepada orang terdekat.

Jika Anda berlangganan koran atau majalah, beritahukan kepada agen koran dan majalah untuk tidak mengirimkannya selama Anda pergi. Ini untuk menghindari penumpukan koran dan majalah saat rumah ditinggal mudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper