Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sulut Gandeng UNWTO untuk Kembangkan Pariwisata

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dengan menggandeng United Nation World Tourism Organizaiton dalam skema pengembangan pariwisata berkelanjutan.
Taman Laut Nasional Bunaken, Manado, Sulawesi Utara/Ilustrasi-en.wikipedia.org
Taman Laut Nasional Bunaken, Manado, Sulawesi Utara/Ilustrasi-en.wikipedia.org

Bisnis.com, MANADO—Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dengan menggandeng United Nation World Tourism Organizaiton dalam skema pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bertemu dengan Direktur Eksekutif United Nation World Tourism Organization (UNWTO) Zhu Shanzong di Spanyol pada Senin (6/5/2019) waktu setempat, untuk membahas pengembangan pariwisata Bumi Nyiur Melambai.

UNWTO merupakan salah satu badan PBB yang menangani masalah pariwisata dunia yang berpusat di Madrid, Spanyol. Dibentuk pada tahun 1998, UNWTO kini telah menaungi 158 negara sebagai anggotanya.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata RI menobatkan Sulut sebagai The Rising Star sektor pariwisata Indonesia karena mampu mendorong pertumbuhan kinerja pariwisatanya hingga 600% dalam 4 tahun terakhir.

Wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sulut pada 2015 sebanyak 20 ribu meningkat menjadi 40.000 2016. Selanjutnya, pada 2017 jumlah wisman kembali meningkat menjadi 80.000, dan tahun lalu kunjungan wisman tercatat sebanyak 120.000 orang.

Tak hanya wisatawan asing yang didominasi warga negara China, pariwisata Sulut berhasil menyedot lebih banyak wisatawan nusantara (wisnus) pada tahun lalu.  Pada tahun lalu total wisnus tercatat sebanyak 4 juta orang atau meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Olly mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut UNWTO menawarkan penampingan pengembangan pariwisata Sulut dengan skema pengembangan pariwisata berkelanjutan. Dia mengharapkan, asistensi tersebut dapat membuat pengembangan pariwisata Sulut menjadi lebih baik.

Dalam kunjungannya itu, Olly juga mempromosikan pariwisata Sulut kepada jajaran Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Spanyol. Bupati Minahasa Robby Dondokambey dan Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen turut hadir dalam pertemuan bersama Dubes RI untuk Spanyol Hermono tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper