Pelindo IV Jajaki Jalur Pelayaran Maluku, Papua, Hingga Australia

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berencana melakukan sinergi dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Australia untuk membuka rute jalur direct call Maluku dan Papua langsung ke Australia.
Sitti Hamdana R
Sitti Hamdana R - Bisnis.com 21 April 2019  |  17:24 WIB
Pelindo IV Jajaki Jalur Pelayaran Maluku, Papua, Hingga Australia
Aktivitas bongkar muat petikemas di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan yang masuk dalam area kerja Pelindo IV, Selasa (1/1/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berencana melakukan sinergi dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Australia untuk membuka rute jalur direct call Maluku dan Papua langsung ke Australia.

Penjajakan tersebut telah dibahas saat pertemuan antara Direksi Pelindo IV dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Australia di Makassar, Richard Mathews beberapa waktu lalu.

Direktur Utama PT Pelindo IV Farid Padang mengatakan potensi komoditas layak ekspor yang dihasilkan Maluku dan Papua cukup besar.

Hanya saja, jelas Farid, proses pengirimannya ke luar negeri masih harus melalui Surabaya atau Jakarta.

"Sebenarnya pasar dari Maluku dan Papua ke luar negeri sudah ada. Namun jalur ekspor yang ditempuh selama ini masih cukup jauh karena harus memutar. Kapal yang membawa komoditas ekspor tersebut juga harus mengalami double handling," jelas Farid, Minggu (21/4/2019).

Menurut Farid, cukup banyak manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh para pengusaha bila melakukan direct call langsung dari Pelabuhan Makassar, di antaranya efisiensi biaya dan waktu.

“Ke China misalnya, dari sebelumnya memakan waktu 24 hari kini tinggal 9 hari perjalanan dengan efisiensi biaya sekitar US$200 setiap pengiriman barang. Sedangkan untuk ke Eropa dan Amerika, efisiensi waktunya kini hanya menjadi 11 hari dengan penyusutan biaya kurang lebih US$500.”

Selama ini, direct export dan direct call dari Pelabuhan Makassar rerata menuju Benua Eropa dan Amerika (Amerika Serikat, Spanyol, Perancis, Hamburg dan Rotterdam), serta ke beberapa negara di Asia Timur, yakni China, Jepang dan Korea.

Pelindo IV sudah membuka jalur direct call langsung ke luar negeri dengan menggandeng perusahaan pelayaran asal Hongkong, SITC, sejak 5 Desember 2015. (K39)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelindo iv, indonesia timur

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top