Undang Investor ke KTI, Presiden Jokowi Resmikan 3 Kawasan Ekonomi Khusus

Presiden Joko Widodo hari ini meresmikan tiga proyek kawasan ekonomi khusus (KEK) yang diresmikan, yakni KEK Morotai di Maluku Utara, KEK Bitung di Sulawesi Utara, dan KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan di Kalimantan Timur.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 01 April 2019  |  12:20 WIB
Undang Investor ke KTI, Presiden Jokowi Resmikan 3 Kawasan Ekonomi Khusus
Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan seusai meresmikan tiga kawasan ekonomi khusus (KEK) yaitu KEK Morotai di Maluku Utara, KEK Bitung di Sulawesi Utara, dan KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan di Kalimantan Timur, Senin (1/4/2019). - Bisnis/Ilman Sudarwan

Bisnis.com, MANADO--Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan sejumlah proyek strategis nasional di kawasan Indonesia timur yang diharapkan dapat mendatangkan investasi dalam jangka panjang.

Jokowi mengatakan bahwa terdapat tiga proyek kawasan ekonomi khusus (KEK) yang diresmikan, yakni KEK Morotai di Maluku Utara, KEK Bitung di Sulawesi Utara, dan KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan di Kalimantan Timur. Ketiga proyek tersebut diharapkan dapat menjaring investasi dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat di sekitarnya.

"Keinginan kami agar industri pengolahan dan lain-lain, pabrik tetap di kawasan industri ini. Sehingga, diharapkan terbuka lapangan kerja," katanya di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Senin (1/4/2019).

Dia menjelaskan saat ini ketiga proyek tersebut telah menarik minat investor. Namun, para investor masih mempertimbangkan faktor kesediaan infrastruktur penunjang kawasan tersebut sebelum berinvestasi.

"Sudah mulai di Bitung dan banyak investor baru di situ, di Morotai juga. Tapi [investor] minta fasilitas bandara diperpanjang lagi. Artinya, selain membangun KEK fasilitas infrastruktur pemerintah wajib memenuhi agar daya saing bisa bersaing dengan produk lain yang lebih efisien," tuturnya.

Dia menjelaskan, pemerintah telah berupaya mempersiapkan infrastruktur penunjang untuk sejumlah kawasan tersebut. Salah satunya adalah pembangunan jalan tol Manado--Bitung yang diproyeksikan akan rampung pada akhir tahun ini.

Jokowi juga menyebut Pelabuhan Bitung sebagai proyek infrastruktur lain yang akan akan menunjang KEK Bitung ke depannya. Proyek ini juga diharapkan dapat dirampungkan pada akhir tahun ini.

Dia mengharapkan ketiga KEK tersebut dapat meningkatkan produksi dan ekspor Indonesia. Komoditas yang sebelumnya masih diekspor dalam bentuk bahan mentah dapat diolah terlebih dahulu dan menambah nilai ekonominya sebagai produk ekspor.

"Di Sulawesi Utara ada KEK yang kami harapkan. Yang dulunya kita ekspor bahan mentah, nantinya ada pengolahan dalam negeri. Baik perikanan, kelapa sawit, juga produk-produk perkebunan lain, termasuk di dalamnya pariwisata," katanya.

Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi juga meresmikan Rusun Insitut Agama Islam Negeri Manado (IAIN) dan Rusun Universitas Kristen Indonesia (UKI) Tomohon.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, investasi, kek

Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top