Pengguna Mobile JKN di BPJS Cabang Makassar Baru 5%

Mobile JKN, dihadirkan guna mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 29 Maret 2019  |  20:52 WIB
Pengguna Mobile JKN di BPJS Cabang Makassar Baru 5%
Warga antre mengurus kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (30/7/2018). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, MAKASSAR -- Sebagai bentuk transformasi digital, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengubah pola kegiatan administratif yang dilakukan di kantor cabang dengan menghadirkan layanan digital.

Mobile JKN, dihadirkan guna mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi.

Sayangnya, sejak diluncurkan pada 2017 lalu di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Makassar baru sekitar 5% pengguna Mobile JKN dari total kepesertaan yang ada. BPJS Kesehatan Makassar mencatat hingga Januari 2019, jumlah peserta JKN sebanyak 2.865.345 orang.

Kepala BJPS Kesehatan Cabang Makassar, M. Ichwansyah Gani tak menampik masih rendahnya pengguna Mobile JKN di wilayah kerjanya. Meski begitu, pihaknya tetap menggenjot peningkatan pengguna Mobile JKN, apalagi hal itu sejalan dengan komitmen BPJS untuk dalam meningkatkan pelayanannya.

"Angka 5% itu sekitar 50.000 orang dari total jumlah peserta. Memang masih sangat rendah, tapi kami akan tetap berupaya meningkatkan sosialisasi Mobile JKN ini. Apalagi kan lebih simpel," ungkap Ichwansyah, Jumat (29/3).

Kendati demikian, pihaknya tetap mematok target peningkatan pengguna pada 2019 ini. Ichwansyah menyebut, tahun ini BPJS Kesehatan Cabang Makassar membidik peningkatan penggunaa Mobile JKN hingga 20%.

Hal itu mampu didukung dengan melihat semakin berkembangnya tren teknologi yang mengarah pada penggunaan mobile application. Di mana masyarakat lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada.

"Aplikasi Mobile JKN ka lebih mudah, dan bisa digunakan di mana saja dan kapan saja. Masyarakat bisa self service tanpa harus ke kantor," jelas Ichwansyah.

Sekadar diketahui, BPJS Kesehatan Cabang Makassar membawahi lima wilayah di antaranya Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar Maros,dan Pangkep. Dari kelima daerah itu, Makassar mencatatkan jumlah peserta JKN terbanyak yakni 1,3 juta orang.

Kemudian Kabupaten Gowa sebanyak 550.678 orang, Maros dengan jumlah peserta JKN 333.333 orang, Pangkep sebanyak 315.754, dan Takala dengan peserta JKN sebanyak 289.188 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
makassar, jkn

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top