Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gorontalo Akan Kembangkan IKM Kelapa Terpadu

Potensi industri kelapa di Provinsi Gorontalo akan dikembangkan melalui program pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kelapa Terpadu.
Ilustrasi pohon kelapa./Antara-Ahmad Subaidi
Ilustrasi pohon kelapa./Antara-Ahmad Subaidi

Bisnis.com, GORONTALO – Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka, mengembangkan potensi industri kelapa di Provinsi Gorontalo melalui program pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kelapa Terpadu.

Direktur IKM Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur Kemenperin, Sri Yunianti, mengatakan pengembangan IKM Kelapa Terpadu di Provinsi Gorontalo bertujuan meningkatkan nilai tambah komoditi kelapa melalui diversifikasi produk olahan kelapa maupun produk sampingannya.

Pengembangan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para pelaku agribisnis kelapa mulai dari sektor hulu sampai hilir.

“Apabila kita lihat pohon kelapa, dari akar sampai daun dan buahnya dapat diproduksi dan diolah oleh industri kecil dan menengah,” ucapnya di Gorontalo pada Rabu (27/3/2019).

Sri mengungkapkan Gorontalo merupakan salah satu provinsi yang cukup potensial dalam pengembangan industri pengolahan kelapa.

Daerah itu memiliki areal perkebunan kelapa mencapai 71.524 hektare, dengan jumlah tanaman kelapa sebanyak 4.782.200 pohon.

Dengan produksi 120 butir perpohon pertahun, total produksi kelapa di Provinsi Gorontalo mencapai 575.864.000 butir per tahun.

“Seluruh kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki lahan perkebunan kelapa yang luas. Dengan potensi itu, kami bertekad untuk mendorong sektor industri pengolahan perkebunan yang berbasis bahan baku dalam negeri dengan kualitas yang mampu kompetitif di pasar ekspor,” ujar Sri.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengapresiasi upaya Kemenperin dalam mengembangkan potensi kelapa di Provinsi Gorontalo melalui program pengembangan IKM Kelapa Terpadu.

Menurutnya hal itu sejalan dengan upaya Pemprov Gorontalo, dalam menurunkan angka kemiskinan yang saat ini masih berada pada angka 15,48 persen.

Melalui program tersebut dia berharap, kelapa tidak lagi sebatas diolah menjadi kopra, tetapi diolah menjadi beragam produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi sehingga akan berdampak pada meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan petani maupun pelaku IKM kelapa.

“Kami berterima kasih kepada Kemenperin yang berkomitmen untuk mengembangkan IKM Kelapa Terpadu. Kami berharap anggaran dari Kemenperin tidak hanya untuk IKM Kelapa Terpadu, tetapi juga untuk komoditi lainnya,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler