Truk Semen Bosowa Tabrak 4 Mobil, Gagal Manuver di U-turn

Truk Semen Bosowa tabrak beruntun 4 mobil pada Senin (25/3/2019), karena gagal melakukan manuver di tikungan U-turn.
Andini Ristyaningrum | 25 Maret 2019 15:58 WIB
Tabrakan - Ilustrasi

Bisnis.com, MAKASSAR – Truk Semen Bosowa tabrak beruntun 4 mobil pada Senin (25/3/2019), karena gagal melakukan manuver di tikungan U-turn.

Menanggapi kejadian nahas yang melibatkan armadanya, Head of Land Transport Department PT Semen Bosowa Maros, Harisuddin Sultan mengaku telah menerima laporan atas kejadian itu. Ia membenarkan bahwa truk yang mengalami kecelakaan merupakan armada dari PT Mallomo. 

"Itu adalah anak perusahaan PT Semen Bosowa Maros. Berdasarkan laporan dari pihak Mallomo, penyebab kecelakaan beruntun tersebut untuk saat ini terkait soal teknis," terang Harisuddin, Senin (25/3/2019).

Ia menjelaskan lokasi kejadian merupakan lokasi U-turn atau pembelokan, di mana ketika truk hilang kendali maka sopir memilih untuk mengambil jalur kiri. Meski begitu, pihaknya mengaku bersyukur tak ada korban jiwa dalam insiden itu. 

Selanjutnya, Harisuddin menyatakan, insiden kecelakaan itu telah menyerahkan kepada pihak berwajib untuk penyelesaian dan kesepakatan masing-masing korban. 

"Kami juga tentu mengalami kerugian materil yang tak sedikit. Harapannya kami juga bisa selesai dengan jalur kekeluargaan karena kita semua tak ingin peristiwa ini terjadi," jelasnya.

Harisuddin menegaskan, kondisi truk tangki yang membawa muatan 25 ton semen tersebut setiap harinya diperiksa oleh pengemudi. Saat kejadian, sopir sedang melalukan rate kedua dalam tugasnya.

Sekadar diketahui, kecelakaan bermula ketika truk pengangkut semen dengan nomor polisi DD 8661 QZ melaju dari arah Maros menuju Makassar sekitar pukul. Karena kondisi jalan yang bergelombang dan menurun, sopir truk tersebut tak mampu mengendalikan stir dan melakukan rem mendadak. 

Sebelumnya, Kasat Lantas Polres Maros, AKP Mamat Rahmat menduga, truk pengangkut semen tersebut blong sehingga supir memilih banting stir ke arah kiri. Awalnya, truk menabrak mobil Toyota Calya hitam DD 1895 RT. Setelah itu, sopir banting stir ke kanan mendekat ke trotoar lalu menabrak Honda HRV merah DD 551 SI.

Mobil Honda HRV akhirnya mengalami kerusakan paling parah, utamanya pada bagian belakang. Setelah itu sopir banting stir lagi ke kiri dan menabrak taksi Bosowa DD 1509 QY. 

Tak berhenti di situ, truk kembali oleng ke kanan dan menabrak Toyota Avanza Hitam DD 187 SR. Terakhir, supir truk memilih untuk mengambil bagian tengah jalan dan kembali menabrak satu unit mobil Avanza Siliver DD 1100 MT.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bosowa

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup