Jadi Gudangnya Atlet eSport, Sulut Siapkan Aplikasi Khusus

Provinsi Sulawesi Utara mampu mencetak atlet-atlet hebat, khususnya di cabang olah raga eSport.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 24 Februari 2019  |  14:43 WIB
Jadi Gudangnya Atlet eSport, Sulut Siapkan Aplikasi Khusus
Tim Star8 dari Kota Manado menerima hadiah senilai Rp25 juta dalam final kualifikasi regional Manado pada turnamen Piala Presiden Esport 2019 yang dilangsungkan di Jakarta, Sabtu (23/2/2019). Penyerahan penghargaan tersebut didampingi oleh Deputi Infrastruktur BEKRAF Hari Sungkari (dua kiri) dan Kepala Dinas Kominfo Prov Sulawesi Utara Jetty Pulu (dua kanan). - Bisnis/Istimewa

Bisnis.com, MANADO – Selain dikaruniani pemandangan alam yang indah, Provinsi Sulawesi Utara mampu mencetak atlet-atlet hebat, khususnya di cabang olah raga eSport.

Salah satu prestasi yang dicapai atlet eSport adalah menjuarai turnamen Piala Presiden Esport 2019 yang dilangsungkan di Jakarta.

Final kualifikasi regional Manado turnamen Piala Presiden Esport 2019, Sabtu (23/2/2019), diikuti oleh tim esport asal Sulawesi Utara, Maluku dan Papua dengan jumlah pendaftar mencapai 200 peserta.

Tim yang bertanding adalah tim Unloyal dari kota Ambon dan tim Star8 dari kota Manado. Kedua tim sebelumnya berhasil mengalahkan tim AXM Manado dan tim Matuari Esports yang juga berasal dari Manado.

Pada pertandingan ini, pemenang pertama yaitu tim Star8 mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp25 juta dan pemenang kedua yaitu tim Unloyal mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp15 juta.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Utara Jetty Pulu yang hadir dalam gelaran final tersebut menyatakan dukungan penuh dari pemerintahan Sulawesi Utara untuk ajang esport tersebut.

”Kami akan bersama-sama dengan dispora menyiapkan aplikasi khusus untuk esports dan dukung 100% perkembangannya,” kata Jetty, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Minggu (24/2/2019).

Sementara itu, Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Utara M. M. Sendoh juga menyatakan dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk cabang olahraga esport.

“Kami siap bersama-sama untuk memajukan esports dan bersemangat dalam rangka mendukung esports,” ujarnya.

Adapun, Turnamen Piala Presiden Esports 2019 ini diselenggarakan atas kerjasama dari Kantor Staf Presiden, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Ekonomi Kreatif yang dalam penyelenggaraannya diadakan oleh IESPL dan disponsori oleh sponsor utama Sakuku dan Blibli.com dan co-Sponsor Game.ly dan Moonton.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak untuk piala presiden. Kita sangat apresiasi atlet esports Manado yang jumlahnya ada 3000 pemain. Manado punya atlet esports yang meraih emas di Asian Games 2019,” kata Wakil Ketua Steering Committee PIala Presiden Esports 2019 dalam keterangan resminya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
esports

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top