Gerakan Kawal Tanam BNI Sasar Sentra Padi Sulsel

PT Bank Negara Indonesia Tbk. melanjutkan Gerakan Gerakan Mengawal Musim Tanam Oktober 2018-Maret 2019 atau GMMT OKMAR 2018/2019 dengan menyasar Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Selasa (29/1/2018).
Amri Nur Rahmat
Amri Nur Rahmat - Bisnis.com 29 Januari 2019  |  17:45 WIB
Gerakan Kawal Tanam BNI Sasar Sentra Padi Sulsel
Ilustrasi - ANTARA/Mohammad Ayudha

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Bank Negara Indonesia Tbk. melanjutkan Gerakan Gerakan Mengawal Musim Tanam Oktober 2018-Maret 2019 atau GMMT OKMAR 2018/2019 dengan menyasar Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Selasa (29/1/2018).

Gerakan yang merupakan bentuk kolaborasi perseroan bersama Kementerian Pertanian ini, dimaksudkan guna memastikan para petani mampu melakukan proses tanam sesuai jadwal tanamnya.

General Manager Divisi Bisnis Usaha Kecil BNI Bambang Setyatmojo mengatakan Pinrang merupakan daerah ke-8 yang menjadi lokasi gerakan OKMAR 2018/2019, di mana bertepatan pula dengan momentum masa tanam pertanian di daerah tersebut.

Menurut dia, gerakan tersebut merupakan wujud kontribusi BNI untuk mendorong tingkat kesejahteraan petani, melalui penyediaan akses permodalan yang mudah dan murah di sektor pertanian dan perkebunan.  

Untuk skala lebis luas, GMMT OKMAR Gerakan diharapkan menjadi salah satu penopang program pemerintah dalam upaya meningkatkan produktivitas petani, pemerataan pendapatan, dan pengentasan kemiskinan.            

“BNI akan tetap terus mensukseskan pembangunan perekonomian Indonesia dan menyalurkan pembiayaan bagi segenap petani guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera dan mandiri,” ujarnya dalam keterangan.       

Secara terperinci, OKMAR 2018/2019 di Pinrang itu dilaksanakan pada hamparan lahan seluas 3 hektare di Desa Maritengngae. Kawasan pertanuan di Desa ini menjadi bagian dari luas lahan 1.484 Ha di Kecamatan Suppa, Kabupateb Pinrang, Sulawesi Selatan. 

Adapun turut hadir pada seremoni OKMAR 2018/2019 Pinrang diantaranya Kepala Sub Direktorat Pupuk Bersubsidi Kementan Uray Suhartono, Head of Business Banking BNI Wilayah Makassar Jeff Roberto, Bupati Pinrang Andi Aslam Patonangi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pinrang Andi Tjallo Kerrang, serta lebih dari 500 petani. 

OKMAR 2018/2019 dilaksanakan sebagai upaya mengamankan keberhasilan hasil panen mulai dari musim tanam yang berlangsung pada Oktober 2018-Maret 2019, dengan proyeksi masa panen yaitu pada Februari–Maret 2019.     

Gerakan ini diinisiasi untuk memastikan agar jadwal proses tanam tidak meleset sehingga menekan hasil panennya nanti. 

Secara khusus, BNI pada gerakan ini dimaksudkan untuk memastikan agar para petani mendapatkan akses pembiayaan yang murah, mudah, disertai pendampingan selama musim tanam Oktober–Maret. 

"Pada saat panen pun, petani dipastikan akan mendapatkan pembeli siaga atau Offtaker bagi petani sektor tanaman pangan di berbagai daerah sentra pangan di Indonesia," ujar Setyamojo.

Bupati Pinrang Andi Aslam Patonangi menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pertanian dan BNI atas pelaksanaan gerakan kawal tanam di Kabupaten Pinrang, yang dipilih karena merupakan salah satu sentra pertanian di Provinsi Sulawesi Selata dengan potensi lahan pertanian lebih dari 53.000 Ha.

Pada kesempatan sama, Uray Suhartono mengungkapkan bahwa Kementerian Pertanian bersama BNI melakukan gerakan ini sebagai salah satu bentuk sinergi antara BUMN dan pemerintah dalam pendampingan budidaya serta peningkatan hasil produksi dengan dukungan Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta percepatan program berupa Corporate Social Responsibility (CSR).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bni, sulsel

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top