Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Antisipasi Dampak Lebih Besar Banjir Sulawesi Selatan

Pendataan di lapangan sebanyak 37 tiang listik PLN yang mengalami kerusakan.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 23 Januari 2019  |  17:48 WIB
Tim relawan mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Perumahan Bung Permai, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (23/1/2019). Ketinggian banjir di kawasan tersebut mencapai satu meter akibat meluapnya Sungai Tello. - Antara/Sahrul Manda Tikupadang
Tim relawan mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Perumahan Bung Permai, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (23/1/2019). Ketinggian banjir di kawasan tersebut mencapai satu meter akibat meluapnya Sungai Tello. - Antara/Sahrul Manda Tikupadang

Bisnis.com, MAKASSAR – Sejak tiga hari terakhir, curah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur beberapa  daerah di Sulsel. Selain hujan angin kencang juga terjadi yang mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik.

Akibat kejadian itu sejumlah tiang listrik PLN mengalami kerusakan. Tak hanya itu, gardu distribusi PLN ikut terendam banjir. Hal itu membuat PLN harus segera melakukan langkah antisipasi agar dampak yang ditimbulkan tak lebih besar.

General Manager PLN UIW Sulselrabar Bambang Yusuf mengatakan, untuk lebih aman PLN mematikan aliran listrik. Adapun dari hasil pendataan di lapangan sebanyak 37 tiang listik PLN yang mengalami kerusakan.

"Tidak hanya tiang listrik dan gardu, beberapa kantor PLN juga terendam banjir seperti di Pattalasang Gowa, Maros, Pangkep, dan lainnya," ungkap Bambang, Rabu (23/1/2019).

Selain itu terdapat 617 trafo padam dan juga dipadamkan di Kota Makassar dan sekitarnya. Daerah yang terdampak akibat pemadaman itu kata Bambang seperti Kabupaten Maros, Pangkep, Karebosi, Sungguminasa, Tallasa, Takalar dan Malino.

Hingga saat ini sekarang petugas PLN di lapangan sedang melakukan penormalan sistem dengan memperbaiki infrastruktur yang rusak seperti tiang patah dan membersihkan jaringan yang terkena ranting.

"Untuk daerah yang terdampak banjir, PLN menunggu banjir surut setelah itu petugas akan menormalkan pasokan sesegera mungkin," jelas Bambang.

Ia juga mengimbau, untuk rumah warga yang terendam banjir diharapkan agar segera mematikan instalasi listrik dan mencabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir sulawesi selatan
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top