Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cycling Shimanami 2018 Ajang Promosi Wisata Rote & Gorontalo di Jepang

Perhelatan sepeda Cycling Shimamani 2018 dimanfaatkan sejumlah penghobi sepeda asal Indonesia untuk mempromosikan wisata Rote dan Gorontalo di Negeri Bunga Sakura.

Bisnis.com, MANADO– Perhelatan sepeda Cycling Shimamani 2018 dimanfaatkan sejumlah penghobi sepeda asal Indonesia untuk mempromosikan wisata Rote dan Gorontalo di Negeri Bunga Sakura.

Untuk ketiga kalinya, para penghobi sepeda atau lebih dikenal sebagai penyuka gowes dari Indonesia mengikuti ajang bersepeda di Jepang. Tahun ini, sekira 40 pesepeda yang dipimpin oleh Menteri Perindustrian 2014-2016 Saleh Husin itu turut bergabung dengan 9000 peserta dari berbagai dunia di perhelatan “Cycling Shimanami 2018”.

 “Partisipasi kita dalam rangkaian 60 tahun persahabatan Indonesia-Jepang. Dari Indonesia, rombongan kita ada sekira 40 pesepeda atau bikers dan jadi bagian 9.000 peserta dari berbagai negara,” ujar Saleh Husin, seperti dikutip,  Selasa (18/12).

Pria yang juga menjabat sebagai Managing Director Sinar Mas itu menuturkan, para peserta Indonesia  akan melahap jarak 70 kilometer. Rute ini merupakan Rute “A” dan salah satu dari total 7 rute yang ditawarkan kepada para peserta.

Menurutnya, Cycling Shimanami 2018 ini terbilang memiliki rute istimewa karena peserta bersepeda menyeberangi 6 pulau melalui jalan raya (espressway) dan jembatan laut. Rutenya start dari Mukaishima Sport Park di kota Onomichi, Hiroshima menuju Imabari di prefektur Ehime.  

Dia menambahkan, pada tahun ini pesepeda dari Tanah Air mengenakan jersey berwarna dasar biru  yang bertema dua lokasi wisata. Pada bagian depan bergambar peselancar di Pantai Nembrala dan Pantai Boa, Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur dan seorang pemain alat musik sasando yang mengenakan topi khas Rote, ti’i langga.

Adapun bagian punggung terpampang obyek wisata bahari Gorontalo yakni olahraga selancar alias surfing, menyelam bersama hiu paus di Teluk Tomini dan pesona wisata Pulo Cinta yang ‘instagramable’.

Selain itu, di depan dan belakang, lengkap dengan motif tenun khas kedua daerah masing-masing. Bersama mereka, turut pula beberapa selebritis seperti Leroy Osmani dan MC Farhan serta beberapa top eksekutif.

“Jadi saya mempromosikan wisata Rote, pulau paling selatan Indonesia yang terkenal akan Pantai Nemberala dan lokasi surfing Pantai Boa serta dihibur alunan musik sasando dan tenun khas Rote,” ujar Saleh.

Dengan garis pantai yang membujur utara-selatan dan membuat pelancong bisa menghadap tepat ke arah barat, ujarnya, salah satu pesona Nemberala adalah sunset yang cantik dengan pendar sinar matahari terbenam. Selain itu, banyak spot selancar favorit para surfer dunia seperti Pantai Boa, T-Land alias Besialu, Bombie, hingga Do’o dan Dana.

Adapun Rachmat Gobel, Pemilik Perusahaan Panasonic Gobel Group yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan 2014-2015 ini batal mengikuti ajang gowes karena harus berada di Tokyo. Meski demikian, dia tetap  mengusung promosi pariwisata Gorontalo khususnya wisata pesisir pantai yang terletak di sepanjang Teluk Tomini.

Sebelumnya pada Maret 2017 lalu, Saleh Husin dan Rachmat Gobel bersama puluhan pesepeda juga mengikuti acara sepeda bersama di ajang Wakayama Tour. Jersey yang dipakai bertema Candi Borobudur dan Kepulauan Raja Ampat.

Kemudian di bulan yang sama tahun 2018, mereka kembali mengayuh sepeda dan mengenakan jersey dengan imaji Pulau Komodo dan Danau Toba. Dan, tujuh bulan kemudian, Oktober ini, promosi wisata Indonesia kembali bergulir di prefektur atau provinsi yang berbeda di negeri sakura.

“Ikut sertanya kami ke Jepang, berkat dukungan Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang yang diketuai oleh Rachmat Gobel dan juga Kementerian Pariwisata. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Rachmat Gobel dan juga kepada Pak Arief Yahya yang telah ikut men-support," papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper