Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gorontalo Kejar Penyerapan Anggaran 2018

Pemerintah Provinsi Gorontalo mengejar proses penyerapan anggaran hingga akhir tahun ini. Hingga pertengahan Desember 2018, anggaran yang diserap untuk keuangan baru mencapai 78,48% dan 91,04% untuk fisik.
Kantor Provinsi Gorontalo./Antara
Kantor Provinsi Gorontalo./Antara

Bisnis.com, MANADO – Pemerintah Provinsi Gorontalo mengejar proses penyerapan anggaran hingga akhir tahun ini. Hingga pertengahan Desember 2018, anggaran yang diserap untuk keuangan baru mencapai 78,48% dan 91,04% untuk fisik.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menginstruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan Satuan Kerja (Satker) APBN untuk bergerak cepat serta mengendalikan progres penyerapan anggaran maupun tatanan administrasi pada akhir 2018.

“Tersisa beberapa hari lagi kita akan mengakhiri tahun anggaran 2018, manfaatkan waktu yang tersisa itu menuntaskan seluruh pekerjaan dan proses administrasinya,” ujarnya, seperti dikutip Bisnis, Selasa (18/12/2018).

Idris memerinci realisasi fisik tertinggi dari anggaran APBN Kabupaten/Kota saat ini dicapai oleh Kabupaten Bone Bolango dengan besaran 83%, sedangkan realisasi keuangan tertinggi oleh Kabupaten Pohuwato dengan persentase 74,93%.

Di lain sisi, dia memberi apresiasi kepada sembilan OPD Pemprov Gorontalo yang telah menyelesaikan tayang Rencana Umum Pengadaan (RUP).

 Sesuai data Sistem Infomasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) tertanggal 13 Desember 2018, sembilan OPD yang telah selesai tayang RUP tersebut yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD); Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda); Dinas Koperasi dan UMKM; Dinas Perdagangan dan Perindustrian; Dinas Satpol PP dan Linmas; Sekretariat DPRD; Biro Humas dan Protokol; Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi; serta Biro Pengadaan.

“Kita maksimalkan akhir tahun ini proses pengadaan barang dan jasa sudah berjalan, sehingga tidak ada stagnasi serapan fisik dan keuangan pada awal 2019,” tutur Idris.

Untuk itu, dia menginstruksikan seluruh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) di setiap OPD Pemprov Gorontalo untuk segera melakukan verifikasi dan penayangan RUP dengan pendampingan Biro Pengadaan untuk persiapan kegiatan tahun anggaran 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper