Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PVMBG Naikkan Status Gunung Soputan di Sulawesi Utara Jadi Siaga

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, (PVMBG) Kementerian ESDM menaikkan status Gunung Soputan di Sulawesi Utara dari level II (waspada) menjadi level III (siaga), terhitung sejak Rabu (3/10) pukul 01.00 WITA.
Aktivitas erupsi gunung Soputan./Sumber: MAGMA Indonesia
Aktivitas erupsi gunung Soputan./Sumber: MAGMA Indonesia

Bisnis.com, MANADO — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, (PVMBG) Kementerian ESDM menaikkan status Gunung Soputan di Sulawesi Utara dari level II (waspada) menjadi level III (siaga), terhitung sejak Rabu (3/10) pukul 01.00 WITA.

Kepala PVMBG Kasbani menyatakan, upaya kesiapsiagaan telah dan terus dilakukan oleh PVMBG melalui koordinasi secara rutin dengan stakeholders terkait (Pemda, BPBD, bandara dan pihak terkait lainnya) sehingga langkah-langkah strategis dapat dilakukan oleh berbagai pihak sesuai dengan tugasnya masing-masing.

“Peringatan dini untuk keselamatan penerbangan telah dilakukan dengan pengiriman VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation)  dengan kode warna Yellow pada 2 Oktober 2018 pukul 17:46 WITA,” ujarnya, melalui keterangan resmi, Rabu (3/10/2018).

Dia menjelaskan, hasil pemantauan PVMBG secara visual maupun instrumental dapat disarikan sebagai berikut:

1) Pemantauan secara visual dengan kamera termal pada malam hari menunjukkan adanya citra panas di puncak G. Soputan yang mengindikasikan adanya lava bertemperatur tinggi.

2) Kegempaan vulkanik mulai mengalami peningkatan pada bulan September 2018 dari sekitar 2 gempa/hari menjadi 101 gempa/hari pada 2 Oktober 2018. Pada rentang waktu yang sama, aktivitas Hembusan mengalami peningkatan dari sekitar 2-6 kejadian/hari menjadi 851 kejadian/hari pada 2 Oktober 2018.

3) Aktivitas Guguran Lava mengalami peningkatan secara perlahan mulai pertengahan Juli 2018 hingga akhir Agustus 2018 dari sekitar 3 kejadian/hari menjadi sekitar 16 kejadian/hari. Namun sejak September 2018 hingga 2 Oktober 2018, jumlah Guguran Lava mengalami peningkatan yang lebih signifikan dari sekitar 16 kejadian/hari menjadi 193 kejadian per hari.

Gunungapi Soputan merupakan gunungapi strato yang terletak pada posisi geografis 1 deg 06 min 30 sec Lintang Utara dan 124 deg 44  min Bujur Timur. Secara administratif, gunung ini berada di Kabupaten Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara. Ketinggian G. Soputan sekitar 1784 m di atas permukaan laut.

Aktivitas vulkanik G. Soputan di permukaan dicirikan oleh hembusan gas maupun pertumbuhan kubah lava. Kubah lava ini sering diikuti aliran/guguran lava ke arah Barat-Baratdaya, Utara dan Timur. Berdasarkan sejarahnya, erupsi G. Soputan dapat bersifat eksplosif berupa letusan abu vertikal maupun efusif berupa aliran/guguran lava maupun awan panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper