Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Rugi Saat Gagal Panen, Gubernur Gorontalo Dorong Petani Asuransikan Sawah dan Ternak

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mendorong kepada petani di Kabupaten Pohuwato Gorontalo untuk mengasuransikan sawah dan ternaknya, guna menjamin petani tidak rugi saat gagal panen atau ternak mereka mati.

Bisnis.com, MANADO-- Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mendorong kepada petani di Kabupaten Pohuwato Gorontalo untuk mengasuransikan sawah dan ternaknya, guna menjamin petani tidak rugi saat gagal panen atau ternak mereka mati.

“Untuk asuransi sapi harusnya bayar Rp200 Ribu, tapi petani cukup membayar Rp40 Ribu. Selama satu tahun jika sapi mati, maka akan diganti dengan uang 10 Juta Rupiah,” ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (26/9/2018).

Tahun ini, Pemprov Gorontalo menganggarkan bantuan 1000 ekor sapi untuk para petani. 160 ekor di antaranya dibagikan di Kabupaten Pohuwato. Sapi senilai Rp1,28 miliar itu diserahkan untuk 16 kelompok.

Selain asuransi ternak, pemerintah juga menyediakan asuransi padi sawah. Premi yang seharusnya dibayar oleh petani yakni Rp180 Ribu per hektare, namun disubsidi pemerintah sebesar Rp144.000. Petani cukup membayar Rp36.000 setiap tahunnya.

“Begitu dia gagal panen karena banjir, kekeringan atau terkena hama, maka langsung diganti Rp6 Juta setiap satu hektare,” imbuhnya.

Rusli mengaku telah meminta testimoni dari Iwan Umar, salah satu peternak sapi penerima manfaat asuransi. Menurutnya, peternak yang baru beternak sapi selama lima bulan ini mendapatkan klaim senilai Rp10 juta ketika sapinya mati karena sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler