Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo IV Perkuat Sinergitas dengan 4 Pemprov di Timur

PT Pelindo IV menguatkan sinergitas dengan lima pemerintah provinsi yang berada dalam cakupan operasional perseroan guna meningkatkan konektivitas dan logistik perdagangan di wilayah timur.
Harbour Mobile Crane baru milik Pelabuhan Makassar dioperasikan untuk bongkar muat pupuk, di Makassar, Senin (5/2)./JIBI-Paulus Tandi Bone
Harbour Mobile Crane baru milik Pelabuhan Makassar dioperasikan untuk bongkar muat pupuk, di Makassar, Senin (5/2)./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelindo IV menguatkan sinergitas dengan lima pemerintah provinsi yang berada dalam cakupan operasional perseroan guna meningkatkan konektivitas dan logistik perdagangan di wilayah timur.

Deretan pemda itu meliputi Pemprov Sulsel, Pemprov Sulawesi Tenggara, Pemprov Kalimantan Timur, Pemprov Maluku serta Pemprov Papua, yang mana seluruh gubernur dari provinsi itu juga telah menyatakan komitmen sinergitas dengan Pelindo IV. 

Direktur Utama Pelindo IV Farid Padang mengemukakan peningakatan konektivitas dan logistik itu selanjutnya diimplementasikan pada beberapa aspek rill melalui koordinasi dan sinergitas bersama pemerintah daerah setempat.

Adapun salah satu dukungan rill yang dilakukan perseroan untuk mewujudkan upaya itu adalah memperbanyak kapal-kapal feeder untuk mendukung pelabuhan-pelabuhan yang ada menjadi hub, sehingga nanti program konektivitas menjadi lebih lancar. 

"Tahun ini juga ada tujuh pelabuhan yang akan kami selesaikan dan tingkatkan statusnya. Sekarang sudah empat pelabuhan yang sementara jalan dan tiga pelabuhan lagi sementara proses," katanya, Senin (24/9/2018).

Sebagai informasi tujuh pelabuhan yang dimaksud adalah Pelabuhan Ambon, Kemudian menyusul Sorong, Manokwari, Merauke, Gorontalo, Ternate dan Kendari yang bakal tingkatkan pula statusnya.

Selain itu, Pelindo IV juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT Pelabuhan Indonesia III tentang Kerja Sama Sinergi Membangun Indonesia Timur, yang ditandatangani langsung oleh masing-masing direktur utama.

“Saat baru dilantik menjadi Dirut PT Pelindo IV, Menteri BUMN Rini M. Soemarno berpesan agar selalu bersinergi dengan BUMN lainnya. Oleh sebab itu, pada hari ini kami juga melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT Pelabuhan Indonesia III Tentang Kerja Sama Sinergi Membangun Indonesia Timur,” tutur Farid.

Menurut dia, tahun ini pihaknya telah berkomitmen meraih laba Perseroan sebesar Rp1 triliun. Salah satu upaya agar komitmen tersebut bisa tercapai adalah dengan berbagai program kerjasama tambahan serta mengelola beberapa bisnis baru.

“Bisnis baru kami banyak, di antaranya pengelolaan pelabuhan-pelabuhan dibawah Perhubungan Laut, akan diserahkan ke Pelindo IV. Juga pelabuhan-pelabuhan Terminal Khusus [Tersus] misalnya Tersus nikel di Morowali, Weda Bay di Halmahera untuk dikelola oleh Pelindo IV. Kami juga akan saling bersinergi dengan Pelindo III, agar pelabuhan di Indonesia itu timurnya bukan hanya di wilayah Pelindo IV saja,” papar Farid.

Untuk Tersus, dia menyebutkan ada empat yang akan dikerjasamakan, yaitu Tersus gas Bintuni di Papua Barat, kemudian di Morowali, lalu Weda Bay di Halmahera dan Tersus di Luwu Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler