Penyelenggaraan TIFF 2018 Majukan Pariwisata Sulut

Penyelenggaraan Tomohon International Flower Festival (TIFF) diyakini semakin mendorong kemajuan pariwisata Sulawesi Utara pada tahun ini. Acara tahunan tersebut sukses menarik antusiasme wisatawan nusantara dan mancanegara.
Deandra Syarizka | 09 Agustus 2018 01:57 WIB
Bisnis.com, TOMOHON - Penyelenggaraan Tomohon International Flower Festival (TIFF) diyakini semakin mendorong kemajuan pariwisata Sulawesi Utara pada tahun ini. Acara tahunan tersebut sukses menarik antusiasme wisatawan nusantara dan mancanegara.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tomohon yang telah mendukung kemajuan pariwisata Sulut dengan telah melaksanakan gelaran Tomohon International Flower Festival (TIFF) tahun 2018. Pada tahun ini, penyelenggaraan TIFF merupakan yang ke-delapan kalinya.

"Terbukti berbagai wisatawan baik lokal maupun mancanegara hadir menyaksikan pelaksanaan TIFF. Mereka dapat menikmati keindahan Kota Tomohon, sehingga saat mereka pulang ke negara masing-masing mereka dapat menceritakan pengalaman saat mengunjungi Kota Tomohon, sehingga mereka bisa kembali lagi melakukan kunjungan wisata ke Sulut,” ujarnya," ujarnya, Rabu (8/8/2018).

Wagub juga menantang kepada Kabupaten Kota lainnya yang ada di Sulut untuk berpacu melaksanakan kegiatan bertaraf internasional seperti yang dilakukan Pemkot Tomohon, agar setiap daerah di Sulut bisa lebih dikenal dan maju. Diakhir sambutan Wagub menyampaikan selamat menikmati gelaran TIFF bagi para tamu.

Beberapa tamu penting juga hadir  dalam TIFF yakni Pangeran dan Putri Georgia dan beberapa duta besar seperti Ceko, Georgia, Malaysia, Nepal, Pakistan, Singapura, Korea, Taiwan, Thailand, Filipina, Kazakhstan, Bhutan, Arab Saudi dan Jepang.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua TP PKK Sulut Ibu Rita Dondokambey Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK dr. Kartika Devi Kandouw Tanos, Ketua Dharma Wanita Persatuan Sulut Ivonne Silangen Lombok, Kabahrkan Polri Putut Eko Bayuseno, Forkopimda Sulut, Walikota dan Wakil Walikota Tomohon.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut mencatat, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sulawesi Utara melalui pintu masuk Bandara Sam Ratulangi Manado pada Juni 2018  sebanyak 10.107 orang, atau meningkat 7,46% dibandingkan Mei 2018 yang mencapai 9.405 orang.

Dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau Juni 2017, pertumbuhan wisman ke Sulut melonjak sebesar 116,05%. Sementara secara kumulatif, kunjungan wisman hingga semester I/2018 mencapai 59.125 orang, meningkat dibandingkan kurun waktu yang sama pada tahun lalu sebesar 34.173 orang

Tag : pariwisata
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top