Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Beras di Sentra Produksi di Sulteng Terpantau Naik

Harga beras di sentra-sentra produksi di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah saat ini rata-rata mengalami kenaikan karena berkaitan belum tibanya musim panen.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, PALU—Harga beras di sentra-sentra produksi di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah saat ini rata-rata mengalami kenaikan karena berkaitan belum tibanya musim panen.

Wartawan Antara yang melakukan monitoring ke beberapa sentra produksi beras di Sulteng seperti di Kabupaten Sigi dan Poso, Rabu menunjukkan kenaikan harga beras di pasaran banyak dipicu karena panen raya belum berlangsung.

Bukan hanya di pasar-pasar tradisional di Kota Palu harga beras mengalami kenaikan, tetapi di tingkat produsen juga terjadi kenaikan.

Di Dataran Tinggi Napu, seperti di Kecamatan Lore Timur dan Utara petani belum panen. Akibatnya, harga beras di penggilingan naik karena stok kurang dan permintaan meningkat.

Di Desa Tinimbo, Kecamatan Lore Timur dan Desa Wuasa di Kecamatan Lore Utara, harga beras di tingkat penggilingan setempat saat ini bervariasi antara Rp480.000/karung (isi 50kg) s/d Rp500.000 tergantung jenis dan kualitas beras.

Harga tersebut, kata I Wayan Suharta, seorang petani di Desa Tinimbo, Kecamatan Lore Timur mengalami kenaikan dari sebelumnya harga beras dalam kondisi normal hanya berkisar Rp440.000/karung.

Harga itu, kata dia, berlaku untuk semua jenis dan kualitas beras yang ada.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper