Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gowa Mendukung Pembangunan Tol Menuju Makassar

Pemerintah Kabupaten Gowa sangat mendukung rencana pembangunan jalan tol yang menghubungkan kabupaten itu dengan Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), seiring dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan dan penduduk di daerah tersebut.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, GOWA—Pemerintah Kabupaten Gowa sangat mendukung rencana pembangunan jalan tol yang menghubungkan kabupaten itu dengan Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), seiring dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan dan penduduk di daerah tersebut.

"Kami siap menghadirkan jalan tol dan itu sudah menjadi salah satu perencanaan dalam program kami di bidang infrastruktur," ujar Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di Gowa, Selasa (21/11/2017).

Menurut dia, rencana pembangunan jalan tol tersebut masih dalam kajian Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dan diharapkan bisa terintegrasi dengan pembangunan infrastruktur jalan tol layang dalam kota Makassar yang akan dilakukan mulai tahun 2018.

Adnan berharap jika jalan tol itu nanti terwujud, bisa memudahkan kelancaran akses transportasi dari dan ke Gowa-Makassar, apalagi banyak masyarakat Gowa yang bekerja di Makassar, ibu kota Provinsi Sulsel.

"Pemerintah Kabupaten Gowa sudah buatkan perencanaan program jangka panjang untuk kesiapan mendukung pembangunan jalan tol itu. Oleh karena itu Pemprov Sulsel juga saat ini sedang melakukan kajian mengenai hal ini," katanya.

Menurut mantan legislator DPRD Sulsel dua periode itu, pihaknya mengusulkan jalan tol dari Gowa hingga ke bagian timur Kota Makassar atau tepatnya di jalur pantai Barombong.

Adnan mengatakan Kabupaten Gowa merupakan daerah yang memiliki jumlah penduduk yang cukup padat, setelah Kota Makassar sekaligus juga menjadi salah satu daerah penyangga karena umumnya sebagian warga yang bekerja di Makassar memiliki tempat tinggal di Gowa.

"Kebanyakan warga yang tinggal atau pindah ke Gowa karena lahan pemukimam di Kota Makassar saat ini semakin terbatas," ujarnya.

Begitu pula, kata dia, pertumbuhan kendaraan kian hari semakin meningkat yang tidak diimbangi dengan ketersediaan sarana dan prasarana infrastruktur jalan yang memadai, sehingga rencana ke depan sebagian jalan yang dibangun di Gowa akan diselaraskan dengan akses jalan di Kota Makassar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper