Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekan Ekonomi Syariah di Ambon Digelar 24-29 Oktober

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon akan segera menggelar Pekan Ekonomi Syariah (PES) 2017.

Bisnis.com, AMBON—Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon akan segera menggelar Pekan Ekonomi Syariah (PES) 2017.

"Kami siap menggelar PES pada 24-29 Oktober 2017," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku Bambang Pramasudi yang juga selaku Pembina MES Maluku di Ambon, Jumat (20/10/2017).

Penyelenggaraan PES 2017 merupakan salah satu upaya untuk menyosialisasikan, mengedukasi dan menampilkan produk maupun kegiatan terkait ekonomi dan pola hidup syariah.

MES adalah organisasi independen yang beranggotakan perorangan, lembaga keuangan, lembaga pendidikan, lembaga kajian maupun badan usaha yang berhimpun untuk bersama-sama mengembangkan ekonomi syariah, berasaskan syariah islam, serta tunduk pada peraturan perundang-undasngasn yang berlaku di Republik Indonesia.

Bambang mengatakan bersamaan dengan pelaksanaan PES 2017 juga akan dilkakukan pelantikan pengurus MES Provinsi Maluku oleh pengurus MES Pusat pada 24 Oktober 2017 dirangkai dengan kegiatan PES 2017.

"PES 2017 dimulai dengan seminar nasional keuangan syariah yang mengangkat tema Meningkatkan Kesejahteraan Umat Melalui Optimalisasi Pengelolaan dan Penggunaan Wakaf Tunai/Produktif, serta zakat, infag, dan shadaqoh" pada 24 Oktober 2017," ujarnya.

Seminar itu bertujuan memperkenalkan sekaligus menambah wawasan terkait pemanfaatan Wakaf dan dana ZIS bagi masyarakat Provinsi Maluku.

Menurutnya, seminar tersebut akan dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pusat MES, Muliaman Hadad yang akan memberikan sambutan kunci. Seminar itu juga diisi oleh narasumber dari berbagai instansi di antaranya Kantor Pusat Bank Indonesia, serta akademisi dari Unversitas Airlangga Surabaya.

Pada pembukaan kegiatan tersebut selain dilakukan pengukuhan pengurus MES Provinsi Maluku juga akan dilaksanakan penandatanganan MoU Negeri Binaan oleh MES dan beberapa perguruan tinggi, serta penandatanganan nota kesepahaman Waqaf Tunai oleh lembaga keuangan syariah penerima waqaf Tunai (LKSPWU) dan baitul Maal Hidayatullah (BMH).

Rangkaian PES 2017 dilanjutkan dengan Maluku Halal Food Festival 2017 yaqng dilaksanakan di lapangan Merdeka Ambon pada hari Minggu tanggal 29 Oktober 2017.

Festival itu dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat Maluku terhadap gaya hidup syariah yang meliputi 3F (Food, Fashion, Finance) khususnya mempromosikan makanan atau kuliner halal yang ada di wilayah Kota Ambon.

Bambang mengatakan untuk memeriahkan PES ini berbagai acara lain di antaranya sosialisasi keuangan syariah yang didukung oleh perbankan syariah, sosialisasi sertifikasi halal, fashion Show Cilik, demo alat masak, musik religi, cek kulit gratis serta fotografi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper