Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalla Group Gunakan Listrik Bersih di Mal dan Diler Mulai Tahun ini

Kalla Group akan mulai menggunakan listrik yang bersumber dari EBT pada lingkup unit bisnisnya sebelum akhir 2024.
Pameran mobil di Mal Nipah Park./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Pameran mobil di Mal Nipah Park./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - Kalla Group akan mulai menggunakan listrik bersih atau yang bersumber dari energi baru terbarukan (EBT) pada lingkup unit bisnisnya sebelum akhir tahun ini. Di antaranya akan diterapkan di Mal Nipah Park dan diler Kalla Toyota Gowa.

Dua unit bisnis ini akan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap sebagai sumber listrik, ditandai dengan penandatanganan kerja sama pemanfaatan PLTS bersama startup bidang energi bersih, Suryanesia belum lama ini.

Strategy & Digitalization Kalla Group Zumadi S.M. Anwar mengatakan langkah tersebut merupakan bagian dari komitmen pihaknya dalam membangun bisnis yang berkelanjutan sehingga dapat memberikan dampak lingkungan dan sosial yang positif. 

PLTS atap dianggap sebagai contoh terkini dari beragam kebijakan serta program Environmental, Social, and Governance (ESG) perusahaan.

Melalui penggunaan PLTS Atap ini, pihaknya mengklaim bisa menghasilkan energi bersih sebesar 543.127 kWh, sehingga akan mengurangi jejak karbon sebesar 426.355 ton CO2e setiap tahunnya. 

"Kerja sama pemanfaatan PLTS ini merupakan salah satu bagian dari renewable energy dari Kalla. Sebenarnya, kita sudah punya yang terbesar di PLTA Poso dengan kapasitas 515 Mega Watt, kemudian ada juga di PLTA Kerinci dan pada beberapa wilayah lainnya. Dengan begitu, komitmen kita terhadap renewable energy tidak perlu diragukan lagi," ungkap Zumadi melalui keterangan resmi, Jumat (13/9/2024).

Sementara CEO Suryanesia Rheza R. Adhihusada mengungkapkan melalui solusi Solar-as-a-Service dari pihaknya, Kalla Group dapat memanfaatkan energi surya sebagai energi bersih tanpa belanja modal dan tanpa repot. Sebab, Suryanesia akan bertanggung jawab penuh terhadap pendanaan, perizinan, pembangunan, pengoperasian hingga pemeliharaan PLTS Atap.

“Suryanesia berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kalla sehingga kami dapat membantu dalam membangun bisnis yang berkelanjutan," paparnya.

Suryanesia sendiri merupakan perusahaan energi bersih yang bertujuan untuk mengurangi tingkat gas rumah kaca sehingga manusia dapat hidup seimbang dengan alam.  Selain di Nipah Park dan Kalla Toyota Gowa, Suryanesia juga mengoperasikan PLTS Atap di Gaia Bumi Raya City, Plaza IBCC, dan lokasi lainnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper