Program CSV D'Komposer Pupuk Kaltim Jangkau 25 Hektare Lebih Lahan Pertanian Sidrap

PT Pupuk Kaltim melakukan pendampingan pengaplikasian produk hayati Biodex sebagai bioaktivator perombak atau pendegradasi bahan organik ramah lingkungan.
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melakukan panen dan monitoring program Creating Shared Value (CSV) D'Komposer di Desa Timoreng Panua, Kabupaten Sidrap, Rabu (6/9/2023).
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melakukan panen dan monitoring program Creating Shared Value (CSV) D'Komposer di Desa Timoreng Panua, Kabupaten Sidrap, Rabu (6/9/2023).

Bisnis.com, SIDRAP—Tingkatkan dekarbonisasi secara bertahap untuk perbaikan lingkungan dan peningkatan kompetensi petani, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melakukan panen dan monitoring program Creating Shared Value (CSV) D'Komposer. Kegiatan dilakukan di Desa Timoreng Panua, Kabupaten Sidrap, Rabu (6/9/2023).

Salah satu upayanya yakni inisiasi program D’Komposer, berupa pendampingan petani dalam penggunaan bahan organik tanah melalui pengembalian jerami hasil pengomposan itu. Pada program ini, PT Pupuk Kaltim melakukan pendampingan pengaplikasian produk hayati Biodex sebagai bioaktivator perombak atau pendegradasi bahan organik ramah lingkungan yang diproduksi Pupuk Kaltim untuk membantu perbaikan kualitas tanah pertanian masyarakat.

Penggunaan biodekomposer ini ditujukan untuk mempercepat proses dekomposisi kandungan bahan organik, dari proses pengomposan jerami sisa panen yang menumpuk di area persawahan.

Tahap awal uji coba efektivitas program D’Komposer, dilaksanakan pada lahan pertanian di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) dan Kabupaten Bone Sulawesi Selatan.

Program ini menggandeng dua Kelompok Tani, masing-masing diatas lahan seluas 25 Hektare (Ha). Hal ini melihat adanya penurunan kandungan organik pada lahan pertanian di dua kabupaten utama penghasil beras tersebut. Untuk di Kabupaten Sidrap, Biodex sudah dipergunakan tiga kali musim tanam.

"Harganya terjangkau, dan hasilnya maksimal. Maksudnya hasilnya dari penggunaan Biodex ini berbanding dwngan hasilnya dari hasil uji coba kami. Kami puas dengan pupuk ini," papar salah seorang kelompok tani di Desa Timoreng Panua, Usman.

Sementara, Staf MBPR Pupuk Kaltim, Nofiqo Hidayat menjelaskan Biodex merupakan bioaktivator perombak bahan organik yang dengan menggunakan bahan aktif mikroba unggul yang memiliki kemampuan selulotik dan lignolitik tinggi seperti Trichoderma polysporum, T. viride, dan Fomitopsis meliae, sehingga waktu pengomposan relatif lebih singkat.

"Biodex ini di dalamnya sebenarnya kompos, yang ada kandungan jamurnya. Nah, jamurnya ini bisa menjadi komposisi bercampur jerami, dedaunan. Ada yang kita kenal dengan E4, tapi Biodex ini tidak perlu pakai campuran lain dan fungsinya sama dengan E4 itu," papar Nofiqo.

Biodex bermanfaat untuk mengembalikan unsur hara dalam tanah. Cara pengaplikasiannya cukup mudah dan cukup dicampur dengan jerami lalu dibolak – balikkan.

Asistant Vice President (AVP) Departemen TJSL PKT Irma Safni menambahkan program D'Komposer ini merupakan kolaborasi antara Pupuk Kaltim dan Pupuk Indonesia dalam upaya pembinaan kepada kelompok tani.

"Untuk di Kabupaten Sidrap ada 25 Ha plus ada tambahan demplot 0,5 Ha yang tersebar di 11 kecamatan lainnya di Sidrap," ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya ingin memajukan para petani, terkhusus di Sulsel ini.

"Semoga dengan hadirnya program ini melalui produk Biodex, mampu meningkatkan produktivitas pertanian yang ada di Sulsel terkhusus di Sidrap ini," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler