Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Positif Covid-19 di Sulut Capai 105 Kasus, Klaster Pasar Pinasungkulan Jadi Perhatian

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara mengumumkan terdapat 22 penambahan kasus baru positif virus Corona atau Covid-19 di Sulut pada Jumat (15/5/2020). Total terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 105 kasus.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 15 Mei 2020  |  20:23 WIB
Ilustrasi-RSPAD Gatot Soebroto melakukan uji terappi plasma darah untuk pasien Covid-19. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Ilustrasi-RSPAD Gatot Soebroto melakukan uji terappi plasma darah untuk pasien Covid-19. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, MANADO - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara mengumumkan terdapat 22 penambahan kasus baru positif virus Corona atau Covid-19 di Sulut pada Jumat (15/5/2020). Total terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 105 kasus.

"Tambahan kasus ini mengejutkan kita. Tapi dari segi surveillance itu menandakan kinerja petugas dalam mencari sumber-sumber penularan telah berjalan di lapangan dan mampu mendeteksi secara cepat," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut Steaven Dandel, Jumat (15/5/2020).

Penambahan kasus baru tersebut didominasi tenaga kesehatan di sebuah fasilitas kesehatan di Kota Manado (klaster faskes B) dan dari klaster Pasar Pinasungkulan, Manado. Dari 22 kasus baru itu, sebanyak delapan orang diidentifikasi bagian dari klaster faskes B dan tujuh orang bagian dari klaster Pasar Pinasungkulan.

Penambahan cukup signifikan di kedua klaster tersebut menjadi perhatian gugus tugas.

"Klaster Pinasungkulan akan jadi perhatian utama. Dari jangka waktu sekian hari ada tujuh kasus baru. Klaster faskes B juga akan diteliti lebih jauh. Ada evaluasi yang dilakukan terhadap performa dan pelaksanaan SOP di faskes, tapi kemungkinan ada hipotesa mereka tertular di luar," kata Steaven.

Steaven juga melaporkan bahwa hari ini terdapat penambahan, baik pasien sembuh maupun yang meninggal. Jumlah pasien yang dinyatakan sembuh bertambah menjadi 31 orang dan yang meninggal sebanyak enam orang. Sehingga jumlah kasus positif yang masih aktif atau dalam perawatan sebanyak 68 orang.

Sementara itu, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) meningkat menjadi 116 orang. Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 129 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top