Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gorontalo Pinjam 500 Reagen Kit Covid-19 dari BTKLPP Manado

Provinsi Gorontalo meminjam 500 unit reagen kit dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Manado, Sulawesi Utara, untuk tes swab corona.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 10 Mei 2020  |  14:51 WIB
Ilustrasi sampel darah yang terindikasi positif virus corona - Antara/Shutterstock
Ilustrasi sampel darah yang terindikasi positif virus corona - Antara/Shutterstock

Bisnis.com, MANADO – Untuk melanjutkan pemeriksaan swab polymerase chain reaction (PCR), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Gorontalo meminjam 500 unit reagen kit dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Manado, Sulawesi Utara.

Proses peminjaman itu sambil menunggu datangnya bantuan 5.000 reagen kit dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pengiriman bantuan ini terkendala transportasi sehingga baru akan dikirim pada Minggu (10/5/2020) dengan pesawat Hercules.

“Selang waktu antar pengiriman reagen dari pusat, kami berusaha meminjam dari BTKL Manado atas persetujuan dari BNPB pusat. Jadi, ada surat rekomendasi dari BNPB sehingga kami dipinjamkan 500 unit reagen kit untuk pemeriksaan swab PCR di laboratorium BPOM Gorontalo,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Gorontalo Triyanto Bialangi, dikutip dari laman resmi Pemprov Gorontalo, Minggu.

Hasil dari peminjaman tersebut, laboratorium BPOM sudah kembali beroperasi sejak Jumat kemarin. Ada 20 spesimen yang diuji PCR dengan hasil satu positif. Kasus positif tersebut merupakan spesimen dari pasien yang memang sudah terdata sebelumnya.

“Hasilnya tiga orang sembuh (hasilnya negatif) dan satu positif. Meskipun positif itu tidak menambah kasus baru,” kata Triyanto.

Hingga saat ini jumlah kasus Covid-19 di Gorontalo berjumlah 19 orang. Untuk pertama kalinya, jumlah kasus sembuh lebih banyak daripada yang dirawat. Perinciannya 11 dinyatakan sembuh, 7 dalam perawatan, dan 1 meninggal dunia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gorontalo Virus Corona
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top