Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemensos RI Salurkan Rp2,9 Miliar untuk Lansia di Kabupaten Gowa

Secara total terdapat 8.900 lanjut usia di wilayah kerja Balai Lansia Gau Mabaji.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 08 Mei 2020  |  16:21 WIB
Kemensos RI memberikan bantuan sosial Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Progres-lu) kepada 1.093 lansia di Kabupaten Gowa, Jumat (8/5/2020). - Istimewa
Kemensos RI memberikan bantuan sosial Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Progres-lu) kepada 1.093 lansia di Kabupaten Gowa, Jumat (8/5/2020). - Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR - Kementerian Sosial RI melalui Balai Lansia Gau Mabaji menyalurkan bantuan sebanyak Rp2,9 miliar kepada 1.093 orang lansia di Kabupaten Gowa.

Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, Andi Hanindito menyampaikan bantuan itu merupakan bagian Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia. (Progres-lu).

"Kabupaten Gowa menjadi daerah yang dipilih untuk melakukan peluncuran program ini. Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Wakil Bupati yang bersedia meluncurkan Bansos Progres-lu ini," ungkap Andi, Jumat (8/5/2020).

Balai Lansia Gau Mabaji Gowa melingkupi 10 wilayah kerja di antaranya, Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, NTB, NTT, dan Bali. Di mana secara total terdapat 8.900 lanjut usia di wilayah kerja Balai Lansia Gau Mabaji.

Andi menjelaskan, penyaluran Bansos Progres-lu akan disalurkan melalui 157 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang tersebar di wilayah kerja Balai Lansia Gau Mabaji. Karena adanya penerapan PSBB di Gowa, seremoni dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom yang diikuti oleh 21 partisipan.

Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaggani menyatakan para lansia juga harus mendapat perhatian di tengah pandemi Covid-19 ini. Karenanya, bantuan yang disalurkan oleh Kemensos ini menjadi stimulasi bagi para lansia untum tetap semangat meski tetap tinggal di LKS.

"Penyaluran bansos untuk wilayah kami nilainya cukup besar yaitu Rp2,9 miliar. Ini tentu sangat membantu dan akan kami salurkan ke 127 LKS dengan jumlah lansia 1.093 lansia," kata Abdul Rauf.

Kepala Balai Lansia Gau Mabaji, Syam Wuryani memastikan bahwa penyaluran bansos ini akan tepat sasaran bagi lansia miskin dan lansia terdampak Covid-19. Sebab sudah melalui tahap verifikasi dan validasi data di Balai Lansia Gau Mabaji.

“Penyaluran bansos Progres-lu saya pastikan tepat sasaran, karena sebelumnya telah dilakukan proses verifikasi dan validasi oleh tim kami, selain itu penerima bansos ini dipastikan tidak menerima bantuan lain sehingga tidak ada bantuan ganda yang diterima oleh penerima bantuan,” kata Yani.

Secara total di 10 wilayah kerja Balai Lansia Gau Mabaji bantuan yang diberikan sebesar Rp24 miliar untuk 8.900 lansia dan akan disalurkan melalui rekening 157 LKS yang nantinya akan diberikan kepada masing-masing lansia. Setiap lansia mendapatkan Bansos sebesar Rp2,7 juta. (k36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel lansia bansos kemensos
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top