Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prudential Dorong Literasi Asuransi Jiwa Berbasis Syariah Lewat PRUCinta

Kehadiran PRUCinta juga merupakan upaya Prudential untuk mendorong literasi masyarakat tentang pentingnya asuransi jiwa. Hal itu juga diiringi dengan tingginya permintaan atas produk keuangan berbasis syariah yang terus meningkat.
Head of Sharia Business Prudential Indonesia Ari Purnomo (kanan) menjelaskan tentang produk baru PRUCinta, asuransi jiwaberbasi syariah/Andini Ristyaningrum.
Head of Sharia Business Prudential Indonesia Ari Purnomo (kanan) menjelaskan tentang produk baru PRUCinta, asuransi jiwaberbasi syariah/Andini Ristyaningrum.

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembali memperkenalkan produk terbarunya di Makassar. Kali ini produk asuransi jiwa berbasis syariah bernama PRUCinta. Produk asuransi syariah terbaru itu diharap mampu memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia dalam mengelola kesejahteraan mereka.

Head of Sharia Business Prudential Indonesia Ari Purnomo menjelaskan kehadiran PRUCinta juga merupakan upaya Prudential untuk mendorong literasi masyarakat tentang pentingnya asuransi jiwa. Hal itu juga diiringi dengan tingginya permintaan atas produk keuangan berbasis syariah yang terus meningkat.

"Kehadiran PRUCinta menegaskan komitmen Prudential. Yang mana selama hampir 25 tahun dalam mendengarkan, memahami dan mewujudkan berbagai kebutuhan perlindungan masyarakat baik yang berbasis konvensional maupun syariah," ungkap Ari, pada acara peluncuran Kamis (12/3/2020).

Menurut Ari, kesadaran masyarakat tentang pentingnya perlindungan jiwa masih rendah. Data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menunjukkan bahwa pada 2019, tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia baru mencapai 1,2 persen dibandingkan total Produk Domestik Bruto (PDB). Angka ini masih tertinggal dari negara-negara Asia lainnya seperti Korea Selatan sebesar 8,40 persen Jepang 6,2 persen, dan Tiongkok 2,8 persen.

Tidak hanya itu, pemahaman pengelolaan keuangan masyarakat Indonesia, khususnya pada produk-produk asuransi syariah juga minim. Indeks literasi asuransi syariah di Indonesia hanya 2,51 persen dan inklusi asuransi syariah hanya 1,9 persen.

Selain itu, berdasarkan data AAJI tercatat ada 17,8 juta peserta asuransi jiwa individu, namun hanya 1,3 juta orang yang memiliki polis syariah.

"Di tengah berbagai ketidakpastian dan masih rendahnya indeks literasi dan inklusi asuransi syariah, kami mengembangkan PRUCinta untuk melengkapi kebutuhan keluarga akan asuransi tradisional berbasis syariah dengan berbagai manfaat yang menarik," ungkap Ari.

Product Marketing & Implementation Prudential Indonesia Suhartini Munadi menyebutkan sejumlah keunggulan dariproduk PRUCinta. Misalnya saja, memberi manfaat santunan meninggal dunia dari Dana Tabarru yang lebih optimal selama 20 tahun dengan pembayaran kontribusi selama 10 tahun.

PRUCinta juga menawarkan manfaat jatuh tempo berupa nilai tunai dari Dana Nilai Tunai yang dimaksimalkan setara 100% kontribusi yang telah dibayarkan jika tidak ada klaim selama masa kepesertaan.

"Sebagai produk asuransi jiwa dwiguna berbasis syariah pertama di industri, PRUCinta merupakan perwujudan aspirasi kami untuk menjadi kontributor terkemuka di industri ekonomi syariah Indonesia," kata Suhartini.

Selain itu, untuk memberikan ketenangan pikiran, PRUCinta juga memberikan manfaat 3x santunan asuransi meninggal akibat kecelakaan serta 4x santunan asuransi meninggal, dari dana Tabarru dan sesua ketentuan polis, jika insiden terjadi dalam periode enam minggu sejak tangga 1 Ramadan yang ditetapkan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper