Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

JWS akan Sambangi Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun

Pemerintah Provinsi Gorontalo telah siap menggelar Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) yang akan melewati empat provinsi di wilayah Celebes.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 17 Februari 2020  |  18:39 WIB
Patung Presiden Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie memegang pesawat yang masih dalam tahap pembangunan di Isimu, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Kamis (3/1/2019). Patung tersebut terbuat dari perunggu, mengenakan pakaian adat Gorontalo Takowa dan berada tepat di depan Bandara Djalaludin Gorontalo. - ANTARA/Adiwinata Solihin
Patung Presiden Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie memegang pesawat yang masih dalam tahap pembangunan di Isimu, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Kamis (3/1/2019). Patung tersebut terbuat dari perunggu, mengenakan pakaian adat Gorontalo Takowa dan berada tepat di depan Bandara Djalaludin Gorontalo. - ANTARA/Adiwinata Solihin

Bisnis.com, MANADO -  Pemerintah Provinsi Gorontalo telah siap menggelar Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) yang akan melewati empat provinsi di wilayah Celebes.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo telah menggelar rapat finalisasi yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Senin (17/2/2020). Dalam kesempatan itu, dipaparkan beberapa rute yang akan dilalui oleh peserta jelajah wisata sulawesi (JWS).

JWS akan melewati empat provinsi yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Sulawesi Utara. Tur itu akan terbagi menjadi delapan etape.

Etape pertama akan dimulai di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/2/2020). Dari situ, peserta JWS akan menuju Kota Parepare, Sulawesi Selatan, dengan jarak 155,76 kilometer (km).

Sesampainya di Parepare, rombongan akan mengunjungi Monumen Cinta Sejati Ainun-Habibie dan kediaman BJ Habibie. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan ke Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Untuk ketape kedua, peserta akan menuju Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dengan jarak tempuh 378,97 km. Kemudian, rombongan JWS memasuki etape ketiga dari Tentena menuju Kabupaten Parigi, Sulawesi Tengah, sejauh 191,45 km dengan waktu tempuh kurang lebih empat jam.

Adapun, etape keempat dari Kabupaten Parigigi menuju Kabupaten Boalemo, Gorontalo, dengan jarak tempuh 433,3 km.

“Etape keempat ini merupakan jarak tempuh terjauh dari delapan etape yang akan dilewati peserta JWS,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili dalam siaran pers, Senin (17/2/2020).

Rifli mengatakan peserta akan menginap di Villa Bolihutuo, Kabupaten Boalemo dan melakukan tur wisata ke Pulo Cinta pada keesokan harinya. Setelah itu, rombongan akan menuju Kota Gorontalo yang menjadi etape kelima JWS.

“Dalam perjalanan ke Kota Gorontalo, rombongan terlebih dahulu akan disambut oleh komunitas offroad Gorontalo di patung BJ. Habibie di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo,” paparnya.

Peserta JWS dijadwalkan tiba di etape keenam Kota Gorontalo pada, Rabu (26/2/2020). Selanjutnya, akan dilakukan serangkaian kegiatan seperti hiburan rakyat, tur kota ke Benteng Otanaha, wisata hiu paus, serta menghadiri pasar murah.

Etape ketujuh akan dimulai dari rumah jabatan Gubernur Gorontalo menuju Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, dengan jarak tempuh 237 km, Jumat (28/2/2020). Rute terakhir yang ditempuh peserta yakni dari Kota Kotamobagu ke Kota Manado, Sulawesi Utara, dengan jarak 194 km.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan seluruh kebutuhan peserta mulai dari konsumsi, istirahat, pengisian bahan bakar, dan pengamanan sudah diatur dengan baik. Pihaknya mengingatkan agar rombongan disiplin dengan waktu selama perjalanan.

“Jangan sampai molor dari waktu yang telah diatur,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulawesi
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top