Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BCA Kanwil IV Optimalkan Kredit UMKM Sulampua pada 2020

BCA Kantor Wilayah IV yang membawahi Pulau Sulawesi, Maluku, Papua, Bali, dan Nusa Tenggara, menargetkan penyaluran kredit sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tumbuh sekitar 10% (yoy) pada tahun ini.
Sitti Hamdana R
Sitti Hamdana R - Bisnis.com 08 Januari 2020  |  20:40 WIB
Nasabah melakukan transaksi perbankan di BCA - Bisnis/Rachman
Nasabah melakukan transaksi perbankan di BCA - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) Kantor Wilayah IV yang membawahi Pulau Sulawesi, Maluku, Papua, Bali, dan Nusa Tenggara, menargetkan penyaluran kredit sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tumbuh sekitar 10% (yoy) pada tahun ini.

Kepala Kantor Wilayah IV Bank BCA, Hendrik Sia, mengatakan, pada tahun 2019 perseroan menyalurkan kredit UMKM sebesar Rp6,3 triliun.

Menurutnya, Bank BCA tidak hanya akan fokus menyalurkan kredit pada perusahaan kelas kakap, tapi juga akan memperkuat UMKM dengan mengoptimalkan penyaluran kredit di sektor tersebut.

"Saat ekonomi dunia sedang tidak stabil, UMKM menjadi tumpuan karena tetap berdiri tegak," jelas Hendri, Rabu (8/1/2020).

Pada sisi lain, kinerja keuangan Bank BCA Kanwil IV menunjukan pertumbuhan yang positif pada 2019.

Penghimpunan DPK mencapai level Rp30 triliun, tumbuh 12,53% secara tahunan. Kontribusi DPK tertinggi berasal dari dana murah (produk tabungan dan giro) dengan kontribusi 78,72%.

Sementara dari sisi penyaluran kredit, naik 7,25% dari Rp17,9 triliun pada 2018 menjadi Rp19,3 triliun, dan diharap tumbuh 10% pada tahun ini.

"Kontribusi kredit tertinggi berasal dari penyaluran kredit produktif (modal kerja) yaitu sebesar 62,39%," papar Hendrik.

Peningkatan kinerja keuangan tersebut juga didukung dengan rasio NPL yang masih terkendali yaitu di angka 1,77%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca sulampua
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top