Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Festival Kuliner Dihadiri Raja se-Nusantara, Indah Perkenalkan Identitas Luwu Utara

Sagu adalah identitas masyarakat dan Pemerintah Daerah Luwu Utara.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 11 September 2019  |  11:12 WIB

Bisnis.com, LUWU UTARA -- Sagu adalah identitas masyarakat dan Pemerintah Daerah Luwu Utara.

Hal itu kembali diungkap Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat Festival Kuliner dan Tudang Ade' yang dihadiri Keraton se Nusantara, Rabu (11/9) di Taman Siswa Masamba.

"Hari ini kita menggelar Festival Kuliner berbahan dasar pangan lokal, utamanya sagu karena sagu merupakan identitas bahan makanan lokal Tana Luwu khususnya Luwu Utara dan sagu merupakan identitas masyarakat dan pemerintah," kata Indah.

Pemerintah daerah, lanjut Indah telah memiliki Peraturan Daerah terkait pengembangan dan pelestarian sagu.

"Ke depan kita berharap tingkat konsumsi masyarakat terhadap beras bisa dikurangi dan kembali mengkonsumsi sagu sebagai pangan lokal yang memiliki kandungan gizi sangat baik," harap bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Berdasarkan hasil SIDA Sagu oleh Kemenristekdikti beberapa waktu lalu, ditemukan bahwa potensi sagu di Luwu Utara yakni satu batang bisa menghasilkan 750 kg. "Oleh karena itu selain sangat potensial untuk memenuhi kebutuhan pangan dasar sebagai pengganti beras, dan juga secara ekonomis bisa sangat menguntungkan bagi masyarakat yang bercocok tanam," terangnya.

Untuk diketahui, beragam makanan berbahan dasar sagu dan pangan lokal lainnya disajikan kecamatan se Luwu Utara pada Festival Kuliner tersebut. Para raja se Nusantara bersama Datu Luwu pun didampingi Bupati Indah turut mengunjungi stand dan mencicipi ragam kuliner tradisional berbahan dasar sagu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

luwu utara
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top