Tingkatkan Kualitas Perusahaan, Pelindo IV Sosialisasi dan Luncurkan ISO

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melakukan Sosialisasi dan Launching Penerapan Sistem Manajemen Terpadu ISO 9001:2015, ISO 14001:2015 dan ISO 45001 untuk meningkatkan kualitas perusahaan.
Sitti Hamdana R.
Sitti Hamdana R. - Bisnis.com 26 Juni 2019  |  20:40 WIB
Tingkatkan Kualitas Perusahaan, Pelindo IV Sosialisasi dan Luncurkan ISO
Direktur PT Sucofindo Prima International Diana Susianti Moro (kiri) berbincang dengan Dirut PT Pelindo IV Farid Padang pada sosialisasi sistem managemen terpadu/integrasi di Makassar, Sulsel, Rabu (26/6). PT Pelindo IV bekerjasama dengan PT Sucofindo Prima International melaunching penerapan integrasi sistem manajemen. ISO 9001:2015 (Sistem Manajemem Mutu), ISO 14001: 2015 (Sistem Manajemen Lingkungan, dan ISO 45001: 2018 SMK3 (sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR — Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melakukan Sosialisasi dan Launching Penerapan Sistem Manajemen Terpadu ISO 9001:2015, ISO 14001:2015 dan ISO 45001 untuk meningkatkan kualitas perusahaan.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang, menyampaikan, ISO sangat penting untuk mewujudkan visi korporasi yang baru yaitu menjadi perusahaan pengelola pelabuhan yang terintegrasi, berdaya saing tinggi dan bertaraf internasional.

"Salah satu poin pentingnya adalah, Pelindo IV harus menerbitkan ISO sebagai salah satu BUMN yang bergerak dibidang jasa transportasi laut," terangnya usai acara launching dan sosialisasi tersebut, Rabu (26/6/2019).

Perseroan, lanjutnya, semakin hari harus semakin meningkatkan kinerja dan peningkatan level of services kepada pelayanan jasa yang dilakukan.

"Apalagi, salah satu indikator profesionalisme korporasi itu dilihat dari adanya sertifikasi," sambungnya.

Ada lima tahapan yang dilakukan dalam proses sertifikasi ini yaitu, perencanaan, pengembangan, sosialisasi, lalu rapat audit internal, kemudian rapat tinjauan manajemen untuk mengontrol antara audit yang sudah dilakukan di internal.

"Kemudian nanti ada sertifikasi. Sebelum sertifikasi juga akan dilakukan dulu sosialisasi atau audit eksternal. Dan itu biasa dilakukan oleh Sucofindo," ujarnya.

Hal utama juga pentingnya ISO, yaitu karena kedepan Pelindo IV akan melakukan holding. “Nah holding itu harus terukur. Jadi kalau misalnya Pelindo IV secara jasa kepelabuhanan tidak bisa meningkatkan kinerja dengan sistem manajemen mutu yang baik, maka kita akan mengalami masalah," terangnya.

Dalam penilaian Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) yang dilakukan belum lama ini, ISO menjadi bagian dari penilaian KPKU. Dimana Pelindo IV mendapatkan skor kategori good performance. “Insya Allah kita akan pertahankan dan berusaha menjadi emerging industry leader dan itu akan kita jaga.”

Dia menambahkan, sebenarnya tujuan utamanya bukanlah [kertas] sertifikasi itu. Tetapi tujuannya adalah konsisten mempertahankan apa yang sudah berhasil diraih.

“Intinya adalah konsisten dan itu merupakan bagian daripada kerja kita untuk monitoring dan evaluasi dan menetapkan bahwa mutu kita terjaga sampai dari pekerjaan dan sesuai dengan kinerja. Jadi dia berhubungan dengan kinerja dan juga berhubungan dengan sistem sertifikasi yang kita terima untuk manajemen mutu, K3 maupun juga dengan keselamatan dan kesehatan,” tegasnya.

Direktur PT Sucofindo Prima Internasional Konsultan (SPRINT Consultant), Diana Susianti Moro, menuturkan bahwa untuk pelaksanaan sistem ini perlu ada inisiatif, semangat dan motivasi dari bawah.

“Juga komunikasi dari atas karena di atas itukan pengambil keputusan dan yang akan membackup semua terutama yang berkaitan dengan investasi,” ujarnya.

Tetapi dalam pelaksanaan tugasnya lanjut Diana, semua itu perlu kerja keras, semangat dan motivasi dari jajaran di bawahnya. Kalau semua ini bisa berkolaborasi, berintegrasi, maka sistem ini akan bisa berjalan dengan sempurna dan baik, serta sertifikat yang diterima nanti akan bisa dijalankan dengan baik.

“Karena yang paling sulit adalah mempertahankan sertifikat. Untuk mencapai itu paling gampang, tapi bagaimana mempertahankan.”

Dia berharap, dengan dukungan semua Direksi Pelindo IV, jajaran manajemen dan semua unit kerja yang ada, sistem ini bisa berjalan dengan baik di Pelindo IV. (K39)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelindo iv

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top