Kepala Daerah Se-Gorontalo Restui Proyek SPAM Regional Gorontalo Raya

Kepala Daerah Kabupaten dan Kota di Gorontalo resmi memberikan dukungan terkait rencana pembangunan Sistem Penyenggaraan Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Gorontalo Raya.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 15 Mei 2019  |  01:25 WIB
Kepala Daerah Se-Gorontalo Restui Proyek SPAM Regional Gorontalo Raya
Air bersih. - jibi

Bisnis.com, MANADO—Kepala Daerah Kabupaten dan Kota di Gorontalo resmi memberikan dukungan terkait rencana pembangunan Sistem Penyenggaraan Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Gorontalo Raya.

Kesepakatan dengan Dirjen Cipta Karya dan Dirjen Sumber Daya Air itu ditandatangani oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, dan Wali Kota Gorontalo Marten Taha.

Kesepakatan bersama tersebut berisi tentang dukungan pemerintah daerah untuk rencana pembangunan SPAM Regional yang akan dibangun di Gorontalo. Rencananya SPAM akan memanfaatkan debit air sungai Bulango yang ditampung oleh Waduk Bulango Ulu.

“Penandatanganan ini kita lakukan di bulan Ramadan. Mudah-mudahan ini juga mendapatkan berkah dan percepatannya,” kata Wagub Gorontalo Idris Rahim di Jakarta, seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (14/5/2019).

Pembangunan SPAM akan memenuhi kebutuhan air di Bone Bolango, Kota Gorontalo, dan Kabupaten Gorontalo. Infrastruktur itu, lanjutnya, dapat mengatasi permasalah akses air minum Gorontalo yang hanya 79,2% dan ketersediaan air yang selalu tipis pada musim kemarau.

“Kalau mengharap pada APBD [Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah] tentu hal ini tidak mungkin, maka dari itu kami apresiasi dengan penanganan langsung oleh Kementerian PUPR. Kami berharap capaian air minum Gorontalo dalam 4 tahun kedepan bisa mencapai 80%—90%,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
spam, gorontalo, Kementerian PUPR

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top