Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pariwisata Sulut : Sriwijaya Air Ramaikan Rute China-Manado

Maskapai penerbangan Sriwijaya Air turut meramaikan pasar wisatawan asing asal China yang ingin berkunjung ke Sulawesi Utara melalui penerbangan charter Hangzhou-Manado.
Pesawat Sriwijaya Air/Bandara Silangit Antara-M. Iqbal
Pesawat Sriwijaya Air/Bandara Silangit Antara-M. Iqbal

Bisnis.com, MANADO – Maskapai penerbangan Sriwijaya Air turut meramaikan pasar wisatawan asing asal China yang ingin berkunjung ke Sulawesi Utara melalui penerbangan charter Hangzhou-Manado.

Pada Rabu (6/2/19) pukul 05.00 WITA, maskapai Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-4053 secara perdana tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado dengan membawa 183 turis dari Kota Hangzhou, Cina.

Penerbangan perdana charter Sriwijaya Air dari dan ke Bandar Udara Internasional Xiaoshan Hangzhou kali ini menggunakan pesawat Boeing 737-800 dengan kapasitas 189 penumpang.

Pada bulan ini, Sriwijaya Air akan melakukan penerbangan charter dari dan ke Hangzhou sebanyak tiga kali. Rencananya, mulai 1 April 2019 akan terbang regular charter dua kali dalam seminggu dari Nangning, China ke Manado, Sulawesi Utara.

"Selamat datang di Manado. Nikmatilah aneka obyek wisata di Sulawesi Utara yang istimewa," kata Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/2/2019).

Olly juga mengajak segenap masyarakat untuk memanfaatkan momentum pariwisata yang identik dengan banyaknya wisatawan masuk ke Sulut melalui aneka peluang bisnis yang bisa diciptakan untuk kemajuan perekonomian.

Sementara itu, Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata Dino Gobel mengatakan selama ini, selain Sriwijaya Air dengan rute barunya Hangzhou, maskapai penerbangan Lion Air juga telah melayani 4 rute penerbangan charter yakni Changsha Huanghua, Tianjin, Guangzhou Baiyun dan Shanghai Pudong.

Adapun, pada 2018, turis asal China masih mendominasi dibandingkan turis asing dari negara lainnya. Menurut data Kantor Imigrasi Manado, turis China yang masuk melalui Bandara Sam Ratulangi Manado mencapai 107.075 orang pada 2018 atau meningkat 69% dibandingkan dengan periode yang sama 2017.

Sementara, pada periode 1 Januari 2019 hingga 5 Februari 2019, jumlah turis asing yang tiba di Manado sudah mencapai hampir 20.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper