Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komoditas Pala Makin Diminati Pasar Eropa

Komoditas pala makin laris manis di pasar Eropa, menyusul permintaan dari beberapa negara benua tersebut terus berdatangan.

Bisnis.com, MANADO—Komoditas pala makin laris manis di pasar Eropa, menyusul permintaan dari beberapa negara benua tersebut terus berdatangan.

"Beberapa negara di Eropa, sangat meminati komoditas pala asal Sulut, sehingga akan terus ditingkatkan tahun 2018 ini," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Darwin Muksin di Manado, Senin (15/1/2018).

Ke depan kualitas dan kuantitas ekspor pala dan produk turunannya lebih meningkat lagi.

Dari dulu, katanya, komoditas pala yang termasuk rempah-rempah memang selalu menjadi produk yang istimewa dan selalu diperebutkan negara-negara Eropa.

Sudah saatnya kepedulian akan hasil tani lokal membuat para petani Indonesia sejahtera.

"Tren pengiriman biji pala maupun fuli ke Italia, Belanda, Inggris, Jerman cenderung meningkat, hampir setiap bulan terjadi realisasi ekspor ke negara tersebut," katanya.

Demikian dengan ekspor tepung kelapa ke negara-negara tersebut, katanya, berlangsung kontinu, dengan volume maupun perolehan devisa yang diperoleh menunjukkan pertumbuhan yang cukup menjanjikan.

Ekspor ke negara bagian Eropa tersebut pertanda bahwa komoditas unggulan Sulut yang sebagian besar berupa produk pangan, belum terganggu krisis keuangan global yang saat ini mulai melanda negara di kawasan Eropa.

Dia mengatakan, optimistis ekspor Sulut hingga akhir tahun terus meningkat, sebab belum ada laporan ada penundaan kontrak ekspor dengan negara pembeli di kawasan Eropa.

Terbanyak komoditas unggulan Sulut yang dikirim ke negara di kawasan Eropa adalah produk bahan makanan yang tetap dibutuhkan pasar kendati krisis keuangan berdampak melemahnya nilai tukar masyarakat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper