Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menristekdikti Buka Perhelatan Pameran Mutu di Makassar

Menristekdikti Mohammad Natsir membuka secara resmi perhelatan Indonesia Quality Expo 2017 sebagai rangkaian dari peringatan bulan mutu nasional yang dipusatkan di Makassar.
Menristekdikti Mohammad Natsir./Antara
Menristekdikti Mohammad Natsir./Antara

Bisnis.com, MAKASSAR – Menristekdikti Mohammad Natsir membuka secara resmi perhelatan Indonesia Quality Expo 2017 sebagai rangkaian dari peringatan bulan mutu nasional yang dipusatkan di Makassar.

Dalam kesempatan tersebut, menteri menegaskan mutu dan kualitas produk dan jasa menjadi hal yang sangat penting untuk menempati level paling atas dalam persaingan pasar domestik hingga global.

"Jika kita abai atas hal ini [mutu dan kualitas], maka tentu akan sulit bersaing secara global," katanya dalam seremoni pembukaan IQE 2017 di Makassar, Selasa (24/10/2017).

Sehingga, lanjut dia, keberadaan lembaga penerbit standarisasi serta badan sertifikasi nasional (BSN) membutuhkan kolaborasi dengan seluruh pihak agar standardisasi produk di Tanah Air bisa lebih masif diterapkan.

Di sisi lain, menteri juga mengapresiasi langkah BSN yang menggelar IQE untuk pertama kali di luar Jakarta sehingga bisa menjadi stimulus bagi daerah dalam penerapan Standard Nasional Indonesia (SNI).

Secara keseluruhan, dorongan penerapan SNI juga sejalan dengan program Nawacita pemerintahan Joko Widodo yang berfokus pada penguatan daya saing dalam negeri.

Sebagai informasi, IQE merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian Bulan Mutu Nasional (BMN) dan Hari Standar Dunia (World Standard Day) yang secara rutin setiap tahun dirayakan oleh BSN bersama stakeholder. 

Kegiatan BMN di Makassar selain diisi oleh IQE, juga akan dimeriahkan dengan 12 kegiatan Bulan Mutu salah satunya Seminar Nasional Standardisasi yang mengundang 1.000 orang peserta.

Pameran IQE tahun ini diikuti oleh pemangku kepentingan standardisasi di Indonesia baik dari perusahaan, lembaga penilaian kesesuaian, asosiasi, perguruan tinggi, maupun pemerintah daerah dan pusat, diantaranya Pertamina Lubricants, Pupuk Kaltim, Semen Tonasa, Semen Bosowa, Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

Pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis untuk masuk ke pameran. Bahkan, di pameran selain dapat berkunjung ke stan-stan pameran juga bisa bawa pulang hadiah produk SNI atau konsultasi SNI di stan BSN.

Sesuai dengan perencanaan, IQE berlangsung selama tiga hari atau berakhir pada Kamis (26/10/2017) mendatang, berlokasi di Grand Clarion Hotel Makassar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper