Sulut Terapkan Sistem PPDB Online

Oleh: Newswire 04 Juli 2018 | 16:29 WIB
Sulut Terapkan Sistem PPDB Online
Ilustrasi - Sejumlah siswa didampingi wali siswa mengantre untuk mendaftar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kantor Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (25/6)./Antara

Bisnis.com, MANADO - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menerapkan sistem dalam jaringan pada program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB Online) tahun ajaran 2018-2019 di 19 SMA Negeri dan 18 SMK Negeri.

"Sulut menjadi salah satu dari 12 provinsi di Indonesia yang telah menerapkan PPDB Online," kata Kepala Dinas pendidikan daerah Provinsi sulut Grace Punuh di Manado, Rabu (4/7/2018).

PPDB online bertujuan memudahkan pihak sekolah, calon siswa baru dan orang tua pelajar, dan agar proses penerimaan siswa baru menjadi lebih transparan serta penyelenggaraannyapun lebih adil.

Penerimaan siswa baru tahun ajaran 2018/2019, Dikda Sulut sudah menggunakan sistem ini guna memudahkan seleksi sekolah pada calon siswa baru untuk melanjutkan pendidikan pada SMP atau SMA/SMK Negeri.

Grace mengatakan untuk Sulut saat ini baru ada dua jenjang pendidikan yang menerapkan sistem PPDB online yaitu 19 SMAN, dan 18 SMKN. Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara menyediakan masing-masing empat jalur masuk di SMA dan SMK.

Pertama, Jalur Ramah Lingkungan, jalur ini merupakan jalur khusus untuk calon peserta didik baru yang bertempat tinggal tidak lebih dari 700 meter dari lokasi sekolah. Jalur ini memiliki daya tampung sebesar 1.331 siswa SMA dan total 1.544 siswa, katanya.

Kedua, jalur Anak PTK. Jalur ini hanya tersedia untuk calon peserta didik baru yang orang tuanya bekerja sebagai tenaga pendidik atau staf karyawan di sekolah terkait. Saat ini, jalur ini tersedia untuk sekitar 263 siswa SMA dan sekitar 322 siswa SMK.

Ketiga, adalah Jalur Siswa Berprestasi. Jalur ini hanya tersedia untuk calon peserta didik baru yang memiliki prestasi di bidang perlombaan sains, atau olahraga. Saat ini kapasitas jalur siswa berprestasi sekitar 266 untuk SMA dan 322 siswa SMK.

Ketiga jalur ini masuk kategori khusus, atas pertimbangan dari Dinas Pendidikan Daerah dan pihak sekolah. Pendaftaran PPDB Online dibuka pada 25 hingga 28 Juni 2018.

Keempat, Jalur Reguler. Jalur ini di jenjang SMA berkapasitas 4251 siswa. Sedangkan jalur reguler untuk jenjang pendidikan SMK memiliki daya tampung 5.563 siswa.

Jalur ini boleh diikuti oleh semua calon peserta didik baru yang memiliki ijazah atau STTB SMP tanpa membutuhkan persyaratan tambahan.

"Pendaftaran PPDB Online dibuka pada tanggal 2-7 Juli 2018," katanya.

Di SMK akan dilakukan tes minat dan bakat khusus. Pendaftaran PPDB Online SMA dan SMK berlangsung secara gratis dan mengggunakan sistem zonasi.

Sumber : Antara

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya