Mitsubishi Resmikan Diler Baru di Manado

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meresmikan diler kendaraan penumpang ke-127 di Manado, Sulawesi Utara. Diler tersebut juga menjadi yang ke-2 di Sulawesi Utara.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 28 Februari 2019  |  13:59 WIB
Mitsubishi Resmikan Diler Baru di Manado
Serapan Mitsubishi Xpander di Manado masih di bawah pangsa nasional - MMKSI

Bisnis.com, MANADO—PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meresmikan diler kendaraan penumpang Ke-127 di Manado, Sulawesi Utara. Diler tersebut juga menjadi yang Ke-2 di Sulawesi Utara.

Perseroan bekerja sama dengan PT Makasassar Mandiri Putra Utama dari DETA Group mendirikan diler BETA Berlian—Manado tersebut. Ke depan, diler tersebut akan berfokus menawarkan dua tipe mobil andalan Mitsubishi, yakni Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Pajero Sport.

Director of Sales & Marketing Division MMKSI Irwan kuncoro mengatakan bahwa langkah perseroan itu didorong oleh potensi besar yang dimiliki oleh kawasan Manado. Sebagai jantung bisnis Sulawesi Utara, perseroan ingin meningkatkan pangsa pasar di daerah itu.

“Kenapa kami menambah outlet di Manado, karena tadinya cuma ada satu diler dan itu masih di rasa kurang,” ujarnya selepas meresmikan Diler Mitsubishi DETA Berlian di Manado, Kamis (28/2/2019).

Dia menjelaskan, penjualan kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Sulawesi Utara sampai dengan kuartal I/2019 mencapai 30 — 40 unit per bulan. Dengan mendirikan diler kedua ini, total penjualan ditargetkan dapat meningkat menjadi 100 unit per bulan.

Penambahan diler ini juga bertujuan meningkatkan pangsa pasar Mitsubishis Motors di Manado yang lebih rendah dari persentase secara nasional. Mitsubishi Xpander, lanjut Irwan memiliki panga pasar nasional 28%, tetapi di Sulawesi Utara hanya mencapai 14%.

“Jadi saya sampaikan memang sebelumnya market share di Manado ini belum cukup kuat, ada beberapa model yang dibawah share nasional. Makanya kami bangun outlet resmi,” ujar Irwan.

Kepala Cabang BETA Berlian—Manado Rudi Ardianto menuturkan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menggenjot penjualan. Fokus penjualan tidak akan lagi berpusat di Manado, melainkan bergeser ke daerah sekitarnya yang memiliki potensi besar.

“Pasar di Manado itu lebih banyak tersebar di luar Manado, kami lebih fokus di luar Manado, seperti Bitung, Tondano, Tomohon, dan Mobagu,” tutur Rudi.

Selain itu, Rudi akan mengubah pendekatan pemasaran di Manado dengan tidak berfokus pada area seperti mal dan pusat perbelanjaan. Ke depan, pemasaran akan lebih banyak dilakukan dengan mengandalkan berbagai gelaran yang melibatkan masyarakat Manado.

“Itu yang mungkin akan menambah volume penjualan kami, jangan terfokus di Kota Manado saja, jenuh. Kegiatan seperti itu akan kami lakukan reguler setiap minggu,” ujar Rudi.

Rudi juga optimistis dengan semakin cepatnya proses pemesanan unit ke Manado untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dia mengatakan, pemesanan unit ke Manado saat ini paling lama hanya akan memakan waktu 2—3 pekan.

Direktur PT Makassar Mandiri Putra Utama Permana Rezy menyampaikan, dalam pembukaan diler resmi tersebut, perseroan juga menawarkan berbagai promo untuk pembeli, seperti diskon untuk servis dan promo bunga murah melalui kerja sama dengan perusahaan pembiayaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mitsubishi, Mitsubishi Xpander

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top