Gangguan Listrik Sulut-Gorontalo mulai Normal Kembali

PT Kar Powership Indonesia menyatakan telah mengatasi gangguan teknis Kapal Zeynep Sultan sehingga sistem kelistrikan Interkoneksi Sulawesi Utara - Gorontalo yang mengalami gangguan pada Minggu (26/11) dan kembali dalam proses penormalan.
Deandra Syarizka | 26 November 2018 13:32 WIB

Bisnis.com,  MANADO—PT Kar Powership Indonesia menyatakan telah mengatasi gangguan teknis Kapal Zeynep Sultan sehingga sistem kelistrikan Interkoneksi Sulawesi Utara-Gorontalo yang mengalami gangguan pada Minggu (26/11) pada sekitar pukul 09.28 WITA saat ini kembali dalam proses penormalan.

Direktur Regional Asia PT Kar Powership Indonesia menjelaskan, gangguan Kapal Zeynep Sultan tersebut menyebabkan terhentinya suplai listrik tegangan 150 kV dari Sulawesi Utara ke Gorontalo dan sebagian pelanggan di Sulawesi Utara mengalami pemadaman akibat ada gangguan teknis.

Namun, dia menyatakan permasalahan ini sudah terselesaikan dengan baik.

“Tim kami telah berkoodinasi secara cepat untuk menyelesaikan masalah ini. Kapal telah beroperasi kembali secara normal dan siap mendistribusikan listrik untuk wilayah Sulawesi Utara – Gorontalo,” ujarnya, melalui keterangan resmi,  Senin (26/11).

 Dia  menambahkan, tidak ada korban jiwa ataupun terluka saat terjadinya gangguan teknis kecil di kapal Powership Zeynep Sultan dan seluruh tim selamat dan telah berhasil mengoperasikan kembali kapal pembangkit listrik tersebut.

Menurutnya, saat ini proses penormalan dilakukan dengan mengirim tegangan secara bertahap kembali dari Sulawesi Utara ke Gorontalo.

Pada pukul 10.24 WITA PLN berhasil mengirim tegangan pada sebagian besar GI yang ada yaitu,GI Kawangkoan, GI Tomohon, GI Ranomuut,GI Bitung, GI Likupang,GI Teling, GI MSM, GI Sawangan, GI Lopana, GI Amurang, dan GI Otam, pengiriman tegangan dilanjutkan ke GI Lolak hingga Gorontalo.

“Saat ini, secara paralel telah dilakukan penormalan di sistem kelistrikan 150 kV. Dan kami telah berkoordinasi dengan PLN yang saat ini juga sedang melakukan penormalan di sisi jaringan distribusi ke pelanggan-pelanggan,” ujarnya.

Tag : gorontalo, listrik padam
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top