Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rehabilitasi Balai Kota Makassar Dilanjut Tahun Depan, Tambah Anggaran Rp30 Miliar

Pengerjaan rehabilitasi Kantor Balai Kota Makassar akan dilanjutkan pada tahap kedua di 2024 mendatang.
Gedung Balai Kota Makassar./Pemkot Makassar
Gedung Balai Kota Makassar./Pemkot Makassar

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar telah memutuskan bahwa pengerjaan rehabilitasi Kantor Balai Kota Makassar akan dilanjutkan pada tahap kedua di 2024 mendatang dan akan dianggarkan lagi senilai Rp30 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024.

"Tahun depan kita akan fokus pada pengerjaan konstruksi Tower Balai Kota. Rehabilitasi dilakukan hingga lantai 11," ungkap Kepala Bidang Prasarana dan Bangunan Pemerintah Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Hajar Aswad, Selasa (19/9/2023).

Hajar juga melaporkan, pada pengerjaan tahap pertama saat ini, progres rehabilitasi telah mencapai 35 persen yang diharapkan bisa rampung pada Desember 2023. 

Ada beberapa ruangan pejabat yang dipindahkan, seperti ruangan Wali Kota Makassar yang sebelumnya berada di lantai 2 bangunan utama, dipindah ke lantai 2 Tower Balai Kota. Hal ini menyusul rencana alih fungsi bangunan utama yang akan dijadikan sebagai bangunan heritage.

Selain ruangan Wali Kota, ruangan Wakil Wali Kota yang sebelumnya berada di lantai 11 Tower balai Kota dipindahkan ke lantai 4 Tower Balai Kota. Begitu pun dengan ruangan Sekretaris Daerah yang sebelumnya berada di lantai 9 Tower Balai Kota, dipindahkan ke lantai 2 Tower Balai Kota.

"Dalam rehabilitasi ini banyak yang perlu diperhatikan karena bangunan tersebut merupakan bangunan bersejarah. Ada beberapa bagian yang tidak dimungkinkan untuk diganggu dan diubah seperti pada bangunan utama," paparnya.

Sementara itu diketahui pengerjaan rehabilitasi tahap pertama telah dimulai pada April 2023 lalu dengan anggaran mencapai Rp19,9 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper