Naik Kelas, 30 UMKM Binaan PLN di Sulbar Terima Sertifikat HKI

Upaya yang dilakukan PLN ini merupakan komitmen perseroan terhadap prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam menciptakan pembangunan ekonomi.
Foto: Naik Kelas, 30 UMKM Binaan PLN di Sulbar Terima Sertifikat HKI
Foto: Naik Kelas, 30 UMKM Binaan PLN di Sulbar Terima Sertifikat HKI

Bisnis.com, SULAWESI - PT PLN (Persero) memberikan dukungan pengembangan kepada 30 penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Barat (Sulbar) dengan memberikan sertifikasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Sulawesi Barat (Kemenkumham Kanwil Sulbar).

Dukungan ini merupakan langkah PLN untuk terus mendorong pengembangan kapasitas penggiat UMKM di Sulawesi Barat.

Naik Kelas, 30 UMKM Binaan PLN di Sulbar Terima Sertifikat HKI

Ridwan, penggiat usaha Air Langit menjelaskan Rumah BUMN PLN di Majene secara rutin mengadakan pelatihan dan pembinaan yang memberikan manfaat langsung bagi usahanya.

"Rumah BUMN Majene memberikan layanan sangat baik ketika kita membutuhkan pelatihan dan pendampingan, kami sama-sama berbagi ilmu untuk memajukan sesama UMKM," ujar Ridwan.

Senada, Umi selaku pemilik UMKM Bura'pia menuturkan sejak bergabung menjadi mitra binaan PLN penjualan produk kerajinan dari tenun omsetnya mengalami peningkatan.

"Sebelum bergabung omset saya hanya Rp 1,5 juta perbulan, Alhamdulillah sekarang meningkat hingga Rp 12 juta per bulan," imbuh Umi.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan PLN berkomitmen untuk mendukung UMKM agar lebih dikenal luas dan diterima masyarakat.

"Dengan memiliki HKI maka produk yang dihasilkan akan semakin banyak dikenal dan diminati oleh konsumen, selain itu akan membuka peluang pasar yang lebih besar bahkan sampai ke mancanegara," jelas Andy.

Upaya yang dilakukan PLN ini merupakan komitmen perseroan terhadap prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

"PLN berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan produk dalam negeri serta memberikan sumbangsih dalam pertumbuhan ekonomi yang berlandaskan Sustainable Developments Goals (SDGs)," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper