Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa Makassar Agar Lebih Bijak Sampaikan Pendapat Soal BBM

Pertamina menyayangkan kericuhan yang dilakukan oleh sejumlah oknum mahasiswa di Kantor Patra Niaga Regional Sulawesi.
Ilustrasi Petugas SPBU di mengisi BBM kendaraan / JIBI
Ilustrasi Petugas SPBU di mengisi BBM kendaraan / JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi membuka seluas-luasnya saluran dialog bagi seluruh elemen masyarakat yang hendak menyampaikan pendapat perihal skema penyaluran BBM yang dijalankan perseroan di wilayah operasional.

Hal tersebut dimaksudkan agar seluruh aspirasi dari mahasiwa maupun masyarakat bisa tersampaikan secara efektif dan bijak tanpa terjadi gesekan fisik yang tidak perlu.

Ini diutarakan Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali sebagai respon atas terjadinya kericuhan yang dilakukan oleh sejumlah oknum mahasiswa di Kantor Patra Niaga Regional Sulawesi pada Kamis (27/1/2022) sore.

Secara prinsip, kata Laode, pihaknya sangat menghormati bentuk aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa ataupun masyarakat yang secara undang-undang bebas berekspresi menyuarakan pendapat di muka umum.

Namun, dia menyesalkan adanya ulah sejumlah oknum mahasiswa yang sudah jauh dari misi awal menyuarakan pendapat dengan damai.

Lebih lanjut Laode menjelaskan kronologis kejadian yang terjadi di mana demontrasi yang dimulai sekitar pukul 15.00 Wita, berkonvoi dan tiba di depan Kantor Pertamina dengan menggunakan kendaraan roda dua lalu berorasi secara bergantian dengan pengeras suara kemudian dilanjutkan dengan membacakan pernyataan sikap.

Setelah melakukan orasi, pengunjuk rasa kemudian membajak mobil truk yang lewat yang digunakan untuk orasi, kemudian menerobos masuk dengan cara memanjat pagar kantor dan melakukan pemukulan terhadap anggota security dan melemparkan traffic cone sehingga mengenai bagian kepala pekerja Pertamina.

"Kami sangat menyayangkan kejadian ini terjadi. Demonstrasi biasanya berujung dengan damai dan bisa dilakukan dengan diskusi bersama perwakilan para demonstran. Kami sudah siapkan antigen on the spot dan ruang diskusi dan melaksanakan prosedur pengamanan sebagaimana mestinya, namun mereka tetap merangsek masuk dengan berbagai cara,” ujar Laode saat dikonfirmasi, Jumat (28/1/2022).

Aksi ini merupakan yang kesekian kalinya melibatkan organisasi yang sama, ruang diskusi baik tertutup maupun terbuka sudah dicoba dilakukan, namun sangat disesalkan hubungan baik yang coba dijalin berujung aksi kekerasan fisik.

Kejadian seperti ini bisa kita jadikan contoh dan pelajaran agar kedepan mahasiswa dapat melakukan cara lain dalam mengekspresikan pendapatnya seperti melalui kegiatan berbentuk kajian ataupun diskusi publik yang pernah dilakukan sebelumnya bersama mahasiswa baru-baru ini bersama dengan ESDM dan Akademisi yang diselenggarakan oleh salah satu organisasi kepemudaan tanggal 13 Januari lalu di Kopizone, Jalan Boulevard.

Laode pun menjelaskan pada saat mahasiswa melakukan aksi menerobos kantor, tentunya sesuai aturan dan tugas dari security agar dapat mengamankan lingkungan kantor sebagai fasilitas atau asset perusahaan yang perlu dijaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami khususnya security untuk mengamankan asset perusahaan. Kami pun berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali dan bisa dijadikan contoh untuk kedepannya mahasiswa tidak melalukan aksi-aksi yang merugikan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper