Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Permintaan Ekspor Udang Vaname Asal Sultra Menguat

Pada 2020 total volume ekspor udang vaname dari Sultra ke Jepang sebanyak 259,39 ton dengan nilai Rp28,59 miliar.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Maret 2021  |  10:46 WIB
Panen udang vaname. - Antara/Oky Lukmansyah
Panen udang vaname. - Antara/Oky Lukmansyah

Bisnis.com, KENDARI - Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Sulawesi Tenggara (Sultra), Sitti Saleha mengatakan permintaan komoditas perikanan ekspor berupa udang vaname ke Jepang meningkat.

"Berdasarkan tren ekspor atau permintaan ekspor udang vaname tahun ini dibanding tahun sebelumnya ada peningkatan," kata Sitti Saleha, di Kendari, Rabu (9/3/2021).

Disebutkan, pada tahun 2020 total volume ekspor udang vaname dari Sultra ke Jepang sebanyak 259,39 ton dengan nilai Rp28,59 miliar.

"Sementara itu untuk tahun 2021 ini, baru memasuki minggu ke dua Maret sudah melakukan ekspor 102 ton. Dan ini akan terus bertambah seiring permintaan ekspor untuk masa waktu delapan bulan lebih ke depan," kata Saleha.

Menurut Saleha, para pengusaha yang bergerak dalam usaha ekspor hasil perikanan di daerah itu akhir-akhir ini justru lebih banyak memilih untuk melakukan transaksi jual beli pada komoditas udang vaname ketimbang mengekspor udang jenis lainnya.

"Meski harga udang vaname jauh lebih rendah dibanding dengan udang sito kualitas ekspor, namun dari segi penjualan dan ketersediaan bahan baku cukup tersedia, sehingga aktivitas untuk usaha jual beli hasil perikanan itu cukup menjanjikan," katanya.

Udang vaname yang diekspor tersebut katanya, berasal dari petambak yang ada di antaranya Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Muna, Kolaka dan Bombana.

Sitti Saleha mengatakan terus mendorong para pengusaha untuk melakukan ekspor langsung guna meningkatkan perekonomian daerah itu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perikanan udang sultra

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top