Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPOM Kawal 9.760 Dosis Vaksin Covid-19 yang Tiba di Gorontalo

Terkait pendistribusian vaksin Covid-19, Balai POM di Gorontalo akan mengawasi rantai distribusi untuk memastikan mutu vaksin.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  14:27 WIB
Jarum suntik.  - Bloomberg
Jarum suntik. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 9.760 dosis vaksin Covid-19 tiba di Gorontalo, Kamis (7/1/2021). Kepala Balai POM di Gorontalo beserta tim turut serta mengawal Vaksin Sinovac dari Bandara Jalaluddin sampai di Instalasai Farmasi Dinas Kesehatan Povinsi Gorontalo. 

“Terkait pendistribusian vaksin Covid-19, Balai POM di Gorontalo akan mengawasi rantai distribusi untuk memastikan mutu vaksin,” ungkap Kepada Balai POM Gorontalo Agus Yudi Prayudana, mengutip keterangan pers BPOM, Kamis (7/1/2021).

Vaksin membutuhkan kondisi penyimpanan khusus pada temperatur 2–8 derajat celsius. Manajemen rantai dingin ini merupakan hal yang krusial untuk menjaga mutu vaksin sampai ke pengguna. 

Setelah proses pemberian vaksin dilaksanakan, Badan POM juga akan terus melakukan pengawasan untuk aspek keamanan melalui program kegiatan pemantauan efek samping atau yang dikenal dengan farmakovigilans.  

Adapun, nantinya tenaga kesehatan sebagai penerima vaksin tahap pertama diharapkan dapat memantau dan melaporkan kemungkinan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang dialami masyarakat setelah menerima vaksin. 

“Apabila terdapat peningkatan frekuensi efek samping, Badan POM berhak meninjau kembali aspek khasiat dan keamanan vaksin tersebut. Hasil pemantauan ini dikaji bersama para klinisi dan ahli di bidangnyam” imbuh Agus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19
Editor : Edi Suwiknyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top