Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balai Pustaka Perkenalkan Barugasikola, Solusi Belajar Jarak Jauh di Masa Pandemi

Aplikasi ini menggabungkan media sosial dalam satu aplikasi yang terintegrasi.
Peluncuran aplikasi belajar jarak jauh, Barugasikola oleh PT Balai Pustaka di Makassar, Jumat (25/9/2020)./Bisnis-Andini Ristyaningrum
Peluncuran aplikasi belajar jarak jauh, Barugasikola oleh PT Balai Pustaka di Makassar, Jumat (25/9/2020)./Bisnis-Andini Ristyaningrum

Bisnis.com, MAKASSAR - Menjawab permasalahan belajar jarak jauh di masa pandemi Covid-19, PT Balai Pustaka (Persero) menghadirkan inovasi guna mendukung proses belajar mengajar untuk pelajar Indonesia. Terlebih, pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir setengah tahun dan mengakibatkan proses belajar dilakukan dari rumah.

Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Balai Pustaka mewujudkan kontribusinya bersama Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemerintah Kota Makassar membuat terobosan baru di sektor pendidikan. Inovasi itu yakni dengan meluncurkan aplikasi media sosial gratis, Barugasikola.

Direktur Utama PT Balai Pustaka, Achmad Fachrodji menerangkan Barugasikola telah dirancang sejak sembilan bulan lalu. Aplikasi ini menggabungkan media sosial dalam satu aplikasi yang terintegrasi.

"Selain bisa bermedia sosial, aplikaso ini memungkinkan proses belajar mengajar antara guru dan siswa berlangsung di mana saja, melalui media dalam jaringan (daring)," kata Fachrodji saat peluncuran aplikasi Barugasikola di Makassar, Jumat (25/9/2020).

Aplikasi tersebut lanjutnya lagi, menghubungkan warga dalam lingkungan sekolah untuk berkomunikasi. Aplikasi yang ditawarkan secara gratis ini dipastikan bisa mempermudah orang tua melihat kegiatan anaknya setiap saat. Di mana aplikasi ini bisa digunakan oleh siswa SD, SMP dan SMA.

Fachrodji menjelaskan, aplikasi ini menggunakan bahasa Bugis-makassar, sebab pembelajaran jarak jauh ini diinisiasi oleh orang Sulawesi Selatan. Sebagai informasi, sikola berarti sekolah atau pendidikan. Jadi, Barugasikola bisa diartikan sebagai pintu pendidikan.

"Harapannya, agar ke depan tidak ada lagi kesulitan dalam pembelajaran jarak jauh. Aplikasi ini juga bisa diaplikasikan di seluruh Indonesia," katanya.

Beberapa provinsi lain kata Fachrodji juga sudah menunjukkan minatnya untuk menerapkan aplikasi ini di wilayahnya masing-masing. Rencananya, Balai Pustaka akan melakukan roadshow ke daerah lain seperti, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur yang padat masyarakatnya.

Adapun peluncuran Barugasikola dilakukan di Makassar dengan acuan bahwa Indonesia itu bukan hanya di wilayah barat saja yang maju. Peluncuran ini juga menjadi momentum sebagai kemajuan pendidikan di wilayah timur Indonesia.

Adapun fitur yang terdapat dalam aplikasi Barugasikola di antaranya media sosial pendidikan, ruang kelas, ruang sekolah, ruang kreasi, ruang pustaka, ruang ibadah, ruang enterpreneurship dan toko Balai Pustaka. (k36)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper