Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asosiasi UMKM Gorontalo Utara Sasar Ekspor Gula Aren

Produsen gula aren di Kabupaten Gorontalo Utara diminta untuk meningkatkan daya saing produknya sebagai upaya untuk menembus pasar internasional.
Gula aren/
Gula aren/

Bisnis.com, MAKASSAR - Produsen gula aren di Kabupaten Gorontalo Utara diminta untuk meningkatkan daya saing produknya sebagai upaya untuk menembus pasar internasional.

Ketua Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah Rizan Demanto mengatakan, dari segi rasa, bentuk, dan ukuran, gula aren khas Gorontalo Utara sudah sangat layak untuk diekspor. Namun kata Rizan, masih terbatas dari sisi produksi dan bentuk kemasan.

“Kalau mau melakukan ekspor tentu volume produknya harus banyak, olehnya itu kelengkapan alat sangat dibutuhkan agar produksi bisa lebih efektif dan efisien,” terang Rizan dikutip dari Antara, Senin (21/9/2020).

Rizan pun meminta kepada pemerintah setempat agar membantu pengusaha gula aren dari sisi permodalan maupun pelatihan agar bisa memenuhi kebutuhan ekspor.

Dia optimistis dengan selain dari inovasi produk yang dilakukan pengusaha, bantuan dari pemerintah akan mewujdukan ekspor gula aren Gorontalo Utara mengingat banyak kantong-kantong produksi gula aren yang ditekuni sendiri oleh perajin lokal, diantaranya di Kecamatan Atinggola.

“Kami akan cari pasarnya dan membantu promosi, namun yang paling penting terlebih dahulu adalah bagaimana produk ini layak jual ke pasar global, dukungan dari pemerintah sangat dibutuhkan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Amri Nur Rahmat
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper